Logo Saibumi

Kemarau, PDAM Way Rilau Bandar Lampung Distribusikan Air Bersih Gratis

Kemarau, PDAM Way Rilau Bandar Lampung Distribusikan Air Bersih Gratis

Warga Kedamaian Bandar Lampung memindahkan air dari mobil tangki PDAM Way Rilau. Foto/Siska Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Krisis air bersih di sejumlah wilayah kecamatan di Kota Bandar Lampung akibat musim kemarau mulai dikeluhkan warga.

Sulitnya mendapatkan air bersih untuk kebutuhan mandi, cuci kakus (MCK) membuat warga RT 03 LK 2 Kampung Batang Asahan, Bumi Kedamaian, Kedamaian menggantungkan kebutuhan air bersih untuk MCK dari bantuan pemerintah.

Tak butuh waktu lama, Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN langsung mengintruksikan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Way Rilau untuk menghentikan penjualan air sementara dan menjalankan kegiatan sosial bagi bagi air bersih gratis.

“Ya sesuai arahan Pak Wali (Herman HN) kami saat ini mengutamakan kepentingan masyarakat dulu, sehingga kita tidak melakukan penjualan air karena akan dibagikan secara gratis kepada warga yang daerahnya kekeringan dan sangat membutuhkan,” ucap Humas PDAM Way Rilau, Agung Purnama, Jumat, 13 September 2019.

Agung berujar, untuk mengantisipasi krisis air bersih akibat kemarau yang diprediksi hingga bulan November mendatang. PDAM Bandar Lampung, akan terus mensuplai kebutuhan warga pagi dan sore akan dipenuhi tangki di wilayahnya.

“Karena Pak Wali Kota berpesan agar kita harus mencukupi warga yang mendapatkan dampak dari kemarau ini kekeringan air sumur, untuk membantu sektor air bersih untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Ia mengatakan, warga di daerah lain yang membutuhkan air bisa langsung melapor kepada RT atau lurah setempat untuk mengirimkan surat kepada pihak PDAM guna memenuhi kebutuhan air bersih.

“Kita siap membantu, dari kami ada 4 armada mobil yang dikerahkan membantu pendistribusian air. Namun masyarakat juga bisa ambil air langsung ke PDAM kalo memang mereka punya kendaraan, atau mungkin rekan dari BPBD bisa membantu suplay air,” imbuhnya.

Sulitnya mendapat air bersih untuk kebutuhan rumah tangga membuat warga Batang Hari Bumi Kedamaian mementingkan air untuk kebutuhan MCK. Warga berharap Pemkot dapat menyediakan air bersih melalui sumur bor dan rutin mendistribukasian air setiap dua hari sekali

“Ya kita harap si bantuan Pak Wali lancar terus, karena sehari butuh 5 sampai 6 liter. Itu sekali ngambil bisa dipakai buat 2 hari,” kata Rita, salah satu Warga.

Ia mengaku, sudah 6 bulan terakhir sumur di wilayah tersebut kering sehingga selalu mendapatkan bantuan air. Yang dipergunakan buat kebutuhan MCK.

“Ya kamu berterimakasih karena bantuan air bersih ini bisa buat nyuci piring, mandi dan segala macem,” pungkasnya.(*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

 

 

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong