Logo Saibumi

Musim Kemarau, BPBD Bandar Lampung Catat 22 Insiden Kebakaran

Musim Kemarau, BPBD Bandar Lampung Catat 22 Insiden Kebakaran

Ilustrasi pemadaman kebakaran. Foto/Dok Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Sampai dengan pertengahan September 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung mencatat ada 22 peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Tapis Berseri.

Sekretaris BPBD Kota Bandar Lampung, M Rizki mengatakan, di musim kemarau yang terjadi mulai dari beberapa bulan lalu peristiwa kebakaran di Kota Bandar Lampung semakin meningkat.

“Khususnya memasuki Agustus sudah puluhan peristiwa kebakaran, yang didominasi kebakaran pekarangan dan lahan dan alang-alang yang mudah terbakar,” kata M.Rizki, Jumat, 13 September 2019.

Rizky menyebutkan, BPBD mencatat pada akhir Agustus ada 41 peristiwa kebakar. Dan diketahui dalam sehari bisa terjadi 2 sampai 3 kejadian kebakaran.

“Dan sampai dengan saat ini, kemungkinan masih terus terjadi,” ujar dia.

Kejadian kebakaran terus bertambah hingga puluhan peristiwa yang terjadi. Menurutnya, dari awal September sampai saat ini sudah mencapai 22 peristiwa kebakaran.

“Ada sebanyak 22 peristiwa kebakaran yang telah terjadi tercatat di kita, artinya jika dijumlahkan ada 63 peristiwa kebakaran,” imbuhnya.

Sehingga kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dan tidak membuka lahan dengan cara dibakar, selain berdampak pada lingkungan juga berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar.

“Untuk pencegahan, agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar, selain itu jangan membakar sampah ditempat terbuka, karena dapat berdampak pada pemukiman warga sekitar,” imbaunya.

Sementara itu, untuk pencegahan BPBD Kota Bandar Lampung mengupayakan dengan selalu menyiagakan petugas selama 24 jam, berikut dengan unit Damkar untuk antisipasi peristiwa kebakaran yang kerap terjadi akhir-akhir ini.

“Di setiap Kecamatan sudah kita siapkan Groundtank, untuk kapasitas per groundtank itu 50 ribu liter kubik air. Jadi ketika terjadi suatu peristiwa kebakaran, personil dan alat sudah siap berada di lokasi untuk penanganan,” pungkasnya.(*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

 

--

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong