Logo Saibumi

Terapkan Konsep Smart City, Kota Bandar Lampung Bangun Infrastruktur Fiber Optik

Terapkan Konsep Smart City,  Kota Bandar Lampung Bangun Infrastruktur Fiber Optik

Rapat pembahasan implementasi Smart City di ruang rapat Walikota Bandar Lampung. Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Bandar Lampung harus menjadi kota pertama yang mengimpelemntasikan konsep Kota Pintar (Smart City). Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi, Rahmad Wijaya, usai Audensi bersama Pemerintah Kota Bandar Lampung, diruang rapat Walikota, Rabu 11 Sepetember 2019.

Menurut Rahmad, untuk menjadi yang pertama menyandang label Smart City, Pemerintah daerah harus menyadari pentingnya pembangunan saluran kabel bawah tanah (ducting) bagi infrastruktur telekomunikasi.

"Tahap awal agar suatu kota bisa mencapai Smart City yakni, pertama, infrastruktur harus rapi dulu. Kota Bandar Lampung sudah indah, Provinsi Lampung sudah ada tol," kata Rahmad.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembangunan jaringan fiber optik dan membangun infrastruktur ducting sebagai hal yang terpenting dalam konsep Smart City.

"Maka, kota di Lampung ini harus bikin infrastruktur ducting, untuk semua kabel fiber optik. Jadi kita harus membuat Bandar Lampung 100% fiber optik," ungkapnya.

Fiber optik akan memaksimalkan akses internet, sehingga lebih cepat dan stabil. Aplikasi Smart City juga dapat digunakan untuk memantau kinerja para camat, lurah, serta perangkatnya di daerah setempat.

"Jaringan fiber optik ini dapat sampai ke semua, sampai ke perumahan pokonya udah internet," terangnya.

Rahmad berharap proses pembangunan jaringan fiber optik berjalan lebih lancar.

"Sekarang kan ada 6 operator di Lampung, mungkin di Indonesia ada lebih dari 20 operator. Ya sebelum mereka masuk ke Bandar Lampung, kita rapikan dulu, jadi kalau mereka datang dengan mudahnya langsung jalan," paparnya.

Ia mengatakan, lebih dari itu, Kota Bandar Lampung memiliki keindahan dan tata kota yang baik, mewah dan modern. Sehingga akan sangat elok jika kabel ditanam di bawah tanah.

"Kita lihat akan lebih indah lagi kalau semua kabel sudah turun kebawah, nanti bisa kita kerjakan bersama dan sharing dengan seluruh operator. Saya berharap Bandar Lampung bisa jadi yang pertama di Indonesia," imbuhnya.

Meski begitu, saat ini Rahmad belum bisa menentukan kapan rencana tersebut mulai dikerjakan, karena masih dalam pertimbangan bersama Pemerintah Kota Bandar Lampung.

"Sedang diskusikan untuk lebih detail, timeline dan schedule dan lain-lain secara teknik," tandasnya.

Laporan Reporter Saibumi.com: Siska Purnama Sari

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong