Logo Saibumi

Langkah Awal Wujudkan Smart City, Pemkot Akan Benahi Kabel PLN yang Semrawut

Langkah Awal Wujudkan Smart City, Pemkot Akan Benahi Kabel PLN  yang Semrawut

Walikota Bandar Lampung Herman HN saat membahas peluncuran Smart City di Kantor Walikota, Rabu 11 September 2019. Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan segera menjadikan Ibu kota Provinsi Lampung sebagai kota pintar (smart city). Untuk mewujudkannya Pemkot akan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari.

Smart City juga bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait pelayanan publik secara daring (online). Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN usai pembahasan visi dan misi Samrt City bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Pusat dan PT Artan Nusa Sentosa (ANS). 

"Pertemuan ini penyampaian visi misi terkait smart city, dan hasil pertemuan akan ditindaklanjuti sore ini juga oleh Bapedda, PM PTSP, BPPRD, Koperasi dan UKM Perdagangan, PU dan lainnya," kata Herman HN di Kantor Walikota Bandar Lampung, Rabu 11 Sepetember 2019.

Infrastruktur menjadi hal mendasar dalam mendorong pertumbuhan teknologi di suatu daerah, terutama infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (ICT).  Untuk itu, lanjut Walikota, pertemuan ini membahas bentuk kerjasama dan sosialisasi Smart City.

"Langkah awal kita buat MoU dulu, bagaimana sosialisasinya agar sama- sama menguntungkan," ujar Herman.

Sebagai langkah awal Pemkot akan membenahi dan memindahkan kabel PLN jaringan tegangan rendah (JTR) ke dalam tanah atau fiber optik.  Selanjutnya, pemerintah akan berkordinasi dengan stakeholder terkait untuk menyusun langkah-langkah mewujudkan Smart City tersebut.

"Ya pertama kita akan melakukan pembenahan kepada kabel-kabel optik ini, yang mana harus di tanam di bawah tanah semua. Ya kan kita lihat itu tiang-tiang dan kabel semrawut, sehingga harus main dibawah tanah," pungkasnya.

Laporan Reporter Saibumi.com : Siska Purnama Sari

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong