Logo Saibumi

Bawaslu Lampung: Timsel Calon Anggota KPU Harus Cermat-Tanggap, Bersih dari KKN

Bawaslu Lampung: Timsel Calon Anggota KPU Harus Cermat-Tanggap, Bersih dari KKN

Komisioner Bawaslu Lampung, Ade Asy’ari | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung – Mencermati hasil penilaian seleksi administrasi calon Anggota KPU kabupaten/kota dan provinsi, Bawaslu Lampung berharap pada prinsipnya agar tim seleksi (Timsel) cermat dan tanggap atas masukan masyarakat tentang rekam jejak pendaftar, terutama petahana.

“Salah satu tolok ukur untuk menilai petahana adalah mencermati kinerja mereka selama menjadi penyelenggara, khususnya terkait integritas dan profesionalitas,” ujar Komisioner Bawaslu Lampung, Ade Asy’ari, kepada Saibumi.com, Selasa, 10 September 2019.

Dia mencontohkan, misalnya mereka (petahana) yang pernah tersandung kasus etik oleh DKPP, hendaknya mendapatkan catatan tersendiri dari Timsel, sehingga ke depan penyelenggara adalah mereka yang tidak ada beban masa lalu.

“Ini berlaku untuk KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota yang sedang melakukan seleksi,” jelas Ade.

Selain itu, lanjut dia, timsel agar menghindari konflik kepentingan dengan mencermati hubungan saudara antara sesama penyelenggra, maupun hubungan kerja dan hubungan kekeluargaan antara timsel dan peserta.

“Lebih dari itu, publik berharap seleksi calon Anggota KPU ini bersih dari kolusi, korupsi dan nepotisme atau KKN,” kata Ade. (ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong