Logo Saibumi

Gandeng Media, Ditpolairud Polda Lampung Sosialisasikan Jangan Buang Sampah ke Laut

Gandeng Media, Ditpolairud Polda Lampung Sosialisasikan Jangan Buang Sampah ke Laut

Foto: Andoko/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud)  Polda Lampung adalah satuan di dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mendukung tugas-tugas kepolisian lewat air (sungai/laut) dan udara.

Ditpolairud melaksanakan patroli, pengawalan, penegakan hukum di wilayah perairan dan Binmas pantai di daerah hukum Polda Lampung.

Di samping itu, Ditpolairud Polda Lampung juga berkomitmen menciptakan laut yang bersih.

Hal itu diungkapkan Direktur Polairud (Dirpolairud) Polda Lampung, Kombes Usman Heri Purwono, saat menerima kunjungan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lampung, Senin, 9 September 2019.

Ketua SMSI Lampung, Donny Irawan, bersama puluhan anggotanya yang berdiskusi dengan Dirpolairud Polda Lampung, Kombes Usman Heri Purwono, juga membahas pencemaran di pesisir pantai.

Itu terkait adanya perusahaan yang membuang limbah di laut dan kesiapan personel Polairud dalam menanggapi tugas jika terjadi kecelakaan di laut.

Dirpolairud) Polda Lampung, Kombes Usman Heri Purwono mengungkapkan pihaknya telah mengirimkan surat ke kapolres se-Lampung.

"Kami menghimbau kepada para bupati dan camat di wilayah masing masing untuk memasang alat jaring penyekat sampah di setiap muara sungai, agar sampah tidak keluar sampai ke laut," jelasnya, Senin, 9 September 2019.

Selaij itu, juga menyosialisasikan tata kelola sampah rumah tangga kepada masyarakat, serta menyediakan tempat sampah organik dan non organik di setiap rumah.

"Membuat banner banner larangan membuang sampah sembarangan, serta menghimbau dan mengajak masyarakat pesisir garing perairan untuk menyediakan tempat sampah dipesisir pantai dan pinggir sungai," jelas Kombes Usman.

Dia menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan-perusahaan besar, khususnya yang berada di pesisir pantai untuk tidak membuang limbah plastik maupun cair yang dialirkan ke laut, karena berdampak pada rusaknya ekosistem dan punahnya biota laut.

Permasalahan sampah yang saat ini marak terjadi tentu memerlukan penanganan khusus dari pemerintah maupun masyarakat.

Apabila pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan dikhawatirkan akan berdampak negatif, seperti penurunan kualitas lingkungan hidup yang juga akan berdampak bagi kesehatan masyarakat.

"Bagi yang membuang limbah di laut bisa dikenakan pidana. Saya menghimbau hal ini untuk menjadi perhatian bagi semua," kata Kombes Usman. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Yusuf Andoko

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong