Logo Saibumi

Pembukaan Awal Pekan Rupiah Menguat, 1 Dolar AS Rp 14.080

Pembukaan Awal Pekan Rupiah Menguat,  1 Dolar AS Rp 14.080

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka menguat di perdagangan pasar spot hari ini.

Dolar AS sudah di bawah Rp 14.100.

Pada Senin, 9 September 2019, US$ 1 dibanderol Rp 14.080 kala pembukaan pasar spot.

Rupiah menguat 0,07% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu, dilansir CNBC Indonesia.

Sebelumnya, selama pekan lalu, rupiah menguat 0,63% di hadapan dolar AS di perdagangan pasar spot dan menjadi mata uang terbaik kedua di Asia.

Ada kemungkinan hari ini rupiah masih melanjutkan keperkasaannya.

NDF adalah instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu dengan patokan kurs tertentu pula.

Sebelumnya pasar NDF belum ada di Indonesia, hanya tersedia di pusat-pusat keuangan internasional seperti Singapura, Hong Kong, New York, atau London.

Pasar NDF seringkali mempengaruhi psikologis pembentukan harga di pasar spot. Oleh karena itu, kurs di NDF tidak jarang diikuti oleh pasar spot.

Padahal NDF sebelumnya murni dimainkan oleh investor asing, yang mungkin kurang mendalami kondisi fundamental perekonomian Indonesia.

Bank Indonesia (BI) pun kemudian membentuk pasar DNDF. Meski tenor yang disediakan belum lengkap, tetapi ke depan diharapkan terus bertambah.

Dengan begitu, psikologis yang membentuk rupiah di pasar spot diharapkan bisa lebih rasional karena instrumen NDF berada di dalam negeri.

Rupiah di pasar spot tidak perlu lalu 'membebek' pasar NDF yang sepenuhnya dibentuk oleh pasar asing. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong