Logo Saibumi

Mulai Dikerjakan, Begini Konsep Mural Underpass Tanjung Karang - Rajabasa

Mulai Dikerjakan, Begini Konsep Mural Underpass Tanjung Karang - Rajabasa

Foto: Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Guna mempercantik underpass ruas Tanjung Karang - Rajabasa di Jalan ZA Pagar Alam (depan Kampus Universitas Lampung/Unila) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melukis teknik Mural 

Konsep Kota Bawah Laut yang diajukan pelukis Mural, diterima Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN.

Lukisan 3 dimensi (3D) yang menggambarkan kekayaan bawah laut Teluk Lampung akan menghiasi underpass tersebut.

Koordinator Mural Underpass, Damsi, menjelaskan, untuk konsep pelukisan mural akan dibuat destinasi bawah laut yang menggambarkan kekayaan Teluk Lampung.

"Konsep underpass ini yaitu underwater atau alam bawah laut. Kami mengajukan kepada pak wali kota dan disetujui," kata dia, Sabtu, 7 September 2019.

Damsi yang merupakan seniman lukis Lampung ini berharap setelah lukisan tersebut selesai, akan dijaga dengan baik, difalisitasi perangkat yang menambah keindahan, serta menghindari oknum yang akan merusak mural tersebut.

"Ada bagusnya pemeliharaan dengan menggunakan CCTV dan penambahan lampu," jelasnya.

Yang dikhawatirkan jika saat penyiraman tanaman di atas underpass.

"Air tumpahannya ke bawah dan akan membekas di dinding. Artinya, harus sinergi dengan Dinas Pertamanan dan Kebersihan, serta Dinas PU dalam pemeliharaannya," ungkap Damsi.

Dalam pelukisan mural, cat yang digunakan dari kualitas yang bagus, sehingga bisa bertahan hingga 12 tahun.

"Ya, bahannya (cat) kami ingin yang terbaik. Ini berkualitas bahannya, warnanya bagus. Jadi lelah kami tidak sia-sia," tutur Damsi.

Kepala Dinas Pariwisata Bandar Lampung, Yudhi, mengungkapkan penerapan mural kali ini akan dilakukan full atau menyeluruh di setiap badan underpass tersebut.

"Di bagian samping dan atas tertutup semua. Jadi itu nanti mural semua," kata Yudhi, baru-baru ini.

Uniknya, pada penerapan seni mural kali ini akan tercipta suasana yang berbeda. Selain dengan nuansa berornamen Lampung, pada sisi dinding underpass tersebut akan diterapkan seni tiga dimensi kota bawah laut.

"Tapi di dalam berubah menjadi kota di dalam laut dan insha Allah akan diberikan lampu agar dapat terlihat dengan jelas saat malam," terang Yudhi.

Penerapan seni mural tersebut melibatkan 50 seniman Bandar Lampung, dan akan diupayakan melibatkan para seniman kabupaten/kota dari luar Bandar Lampung.

"Kita punya grup, namanya Kuas Lampung, itu sudah terhitung 50 orang. Jadi nanti kita akan coba lagi rangkul dari luar Bandar Lampung," tuturnya.

Pengerjaannya akan dilakukan sepanjang hari hingga malam, dan dilakukan penutupan arus lalu lintas sebidang yang dimulai sore hari. (Siska)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong