Logo Saibumi

Blangko Terbatas , Disdukcapil Lampung Timur Sebut Pembuatan KTP-El 15 Hari

Saibumi.com, Lampung Timur - Keterbatasan blanko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) tidak membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Timur (Lamtim) menyurutkan semangat dalam melayani masyarakat.

Disdukcapil Lamtim membuat kebijakan sesuai surat bersifat penting nomor 47113/6153/Dukcapil tertanggal 26 Agustus 2019 dalam mensikapi keluhan masyarakat terkait pembuatan KTP-el.

Kadisdukcapil Lamtim, Subandri melalui Kabid Administrasi Kependudukan, Indra Gandi meminta maaf terhadap pelayanan khususnya pembuatan KTP-el.

Menurutnya, persoalan keterbatasan blangko KTP-el memang terjadi di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Sehingga Kemendagri mengirim blangko KTP-el ke Pemkab Lamtim dibatasi 500 keping untuk 15 hari.

"Karena stok di Kementerian saat ini lagi kosong dan efektif kembali setelah tender," kata Indra Gandi kepada Saibumi.com, Jumat, 6 September 2019.

Sebagai tindak lanjut dari persoalan itu, Disdukcapil Lamtim tetap melaksanakan pembuatan KTP-el melalui kebijakan yang baik untuk masyarakat.

Disdukcapil Lamtim mensiasati keluhan ini dengan mengambil langkah bijak. Di antaranya, bagi masyarakat yang belum sama sekali memiliki KTP-el akan dicetak dalam jangka waktu 15 hari kerja.

Kemudian, bagi masyarakat yang sudah memiliki KTP-el dalam kondisi rusak, hilang atau pergantian elemen data akan dicetak dengan batas waktu 30 hari kerja.

"Sambil menunggu tercetaknya fisik KTP-el untuk sementara mereka yang KTP hilang atau rusak diberikan lembaran KTP sementara atau Suket (Surat keterangan)," jelasnya.

Indra Gandi menjelaskan, fungsi Suket sama seperti KTP-el dan tidak ada masalah, serta tetap berlaku baik untuk pembuatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS),  menabung, dan lainnya.

"Memang tidak semua warga dapat memahmi dan mengerti terhadap kondisi yang ada sekarang. Namun kami tetap melakukan sosialisasi dan meminta masyarakat untuk bersabar, mengingat pengadaan blanko memang kewenangan pemerintah pusat," ungkapnya. (*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Nurman Agung

 

 

 

 

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong