Logo Saibumi

Melihat Tanda Penyakit Diabetes hingga Stroke dari Kondisi Mata, Simak

Melihat Tanda Penyakit Diabetes hingga Stroke dari Kondisi Mata, Simak

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Selain kuku, bagian tubuh yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan kita adalah mata.

Melansir Web MD dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Selasa, 3 September 2019, berikut beberapa gejala dari mata yang merupakan kondisi kesehatan tertentu.

1. Penglihatan kabur mendadak

Kehilangan penglihatan yang jelas secara tiba-tiba dan dramatis, mungkin merupakan tanda masalah dengan aliran darah ke mata atau otak.

Pemeriksaan medis dapat mencegah kerusakan seirus dan bahkan dapat menyelamatkan hidup Anda.

Sedangkan jika penglihatan membaik dengan cepat, itu bisa saja sebagai peringatan dari stroke atau sakit kepala migrain.

2. Mata melotot

Penyakit grave menyebabkan kelenjar tiroid melepaskan terlalu banyak hormon, yang dapat menyebabkan masalah mata melotot, penglihatan ganda dan kehilangan penglihatan.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan diare, penuruan berat badan serta tangan gemetar.

Mengonsumsi obat atau operasi dapat membantu mengontrol jumlah hormon yang dihasilkan tiroid.

3. Penglihatan buram

Ini bisa menjadi tanda diabetes, yang menyebabkan terlalu banyak gula dalam darah Anda.

Jika tidak dikelola dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan retinopati diabetik (ketika pembuluh darah kecil di mata membocorkan darah dan cairan lain).

Tanda lainnya adalah memiliki pandangan yang kabur dan sulit untuk melihat di malam hari.

4. Lingkaran di kornea

Kondisi ini disebut arcus kornea. Menyebabkan munculnya garis abu-abu putih dari timbunan lemak di tepi luar kornea (permukaan bening dan melengkung di bagian depan mata yang membantu mata untuk fokus).

Jika terjadi pada orang yang lebih tua, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi jika Anda berusia di bawah 40, itu bisa menjadi tanda kolesterol tinggi yang berbahaya.

5. Kelopak mata mengendur

Ini bisa menjadi gejala dari myasthenia gravis, yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang dan melemahkan otot-otot Anda.

Kondisi ini memengaruhi otot mata, wajah, dan tenggorokann dan dapat membuat Anda sulit mengunyah, menelan, atau bahkan berbicara. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong