Logo Saibumi

Fitur Baru, Ini Cara Beralih Akun dan Jadwalkan Email di Gmail

Fitur Baru, Ini Cara Beralih Akun dan Jadwalkan Email di Gmail

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com,Lampung - Pembaruan sebelumnya memungkinkan pengguna Android untuk beralih akun Gmail dengan mengetuk gambar profil di kanan atas dan memilih akun email yang diinginkan.

Namun, kini menurut laporan Android Police dilansir Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Senin, 2 September 2019, Google memberi pembaruan pada versi 2019.08.18 aplikasi Gmail.

Kini, pengguna Android dapat menggeser (swipe) ke atas atau ke bawah pada gambar profil pengguna di kanan atas halaman antarmuka untuk beralih antar akun.

Fitur ini sendiri telah dihadirkan terlebih dahulu untuk pengguna iOS pada Maret lalu. Untuk saat ini, tidak diketahui alasan mengapa Google meluncurkan fitur tersebut pertama kali untuk pengguna iOS.

Dilansir dari The Verge, pembaruan ini telah diluncurkan untuk seluruh pengguna Android.

Cara Menjadwalkan Email

Sebelumnya, Google telah menambahkan berbagai fitur baru saat layanan Gmail miliknya berulang tahun yang ke-15 pada 1 April lalu.

Salah satunya adalah fitur schedule email atau menjadwalkan email.

Kemampuan baru Gmail untuk menjadwalkan email ini sebelumnya hanya tersedia untuk platform Android, namun kini juga telah tersedia di dekstop.

Berikut ini cara untuk menjadwalkan email melalui Gmail:

Setelah menulis email dan memasukkan alamat penerima, klik ikon segitiga terbalik berwarna biru di sebelah tombol "Kirim" > Pilih salah satu dari waktu yang disarankan atau klik "Pilih tanggal & waktu" untuk menyesuaikan tanggal pengiriman > Klik "Jadwalkan pengiriman"

Cara ini berlaku baik dalam aplikasi seluler Gmail ataupun browser web dekstop. Namun, dalam aplikasi, alih-alih mengklik ikon segitiga terbalik, pengguna harus mengklik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar untuk memunculkan opsi penjadwalan waktu.

Pengguna dapat memilih mengirim email tersebut besok pagi atau menentukan waktu dan tanggal tertentu.

Dilansir dari The Verge, pengguna juga dapat melakukan undo pada email yang telah dijadwalkan atau melihat kembali email tersebut.

Untuk melihat email terjadwal dan membatalkannya, cukup buka folder "Terjadwal" dan klik pada pesan yang diinginkan.

Kemudian klik "Batal kirim" di kanan atas jendela untuk membatalkan pengiriman email. Setelahnya, email tersebut akan kembali ke folder Draft. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong