Logo Saibumi

Ternyata, Meniup Lilin Sebarkan Bakteri hingga 120 Kali di Kue Ulang Tahun

Ternyata, Meniup Lilin Sebarkan Bakteri hingga 120 Kali di Kue Ulang Tahun

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Sudah biasa jika memperingati hari ulang tahun dengan meniup lilin yang dipasang di atas kue tart.

Meniup lilin di kue ulang tahun, bukan cuma tradisi yang sudah berlangsung selama turun temurun, tapi juga momen membahagiakan bagi banyak orang.

Tapi tahukah Anda, kita semua pasti tak menyangka jika apa yang sudah kita lakukan selama ini, ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari Bright Side dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Senin, 2 September 2019, para ilmuwan mengungkap, terdapat sekitar lebih dari 1.500 persen kuman yang ada di kue ulang tahun saat Anda meniup lilin.

Untuk membuktikan ini, para peneliti menggunakan kue ulang tahun palsu. Mereka memasang lilin melalui selembar foil dengan lapisan gula asli.

Sebelum meniup lilin, peserta sudah makan pizza untuk membuat skenario makan biasa dan kemudian hidangan penutup.

Langkah selanjutnya adalah penghitungan bakteri. Para ilmuwan menambahkan air yang sudah disterilkan ke lapisan gula dan menyebarkan di atasnya untuk melihat kuman tumbuh.

Hasilnya cukup mengejutkan, rata-rata, meniup lilin meningkatkan jumlah bakteri pada kue ulang tahun hampir 15 kali. Dalam beberapa kasus bahkan hingga 120 kali!

Ini berarti bahwa hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang mentransfer lautan bakteri, sementara yang lain tidak.

Meski begitu, para ilmuwan menekankan ini bukan masalah kesehatan yang besar. Anda mungkin hanya melakukan ini beberapa kali dalam satu tahun. Cobalah untuk mengingat berapa berapa kali Anda sakit sesudahnya.

Jadi, sebenarnya mengonsumsi kue ulang tahun tetap aman, dan ini bukanlah alasan yang signifikan meyakinkan untik Anda menolaknya.

Tapi, jika Anda tak yakin untuk mencicipinya, Anda bisa menikmati buah sepiring atau permen.

Jadi, pernahkah Anda sakit setelah pesta ulang tahun? Bisa jadi kue ulang tahun adalah penyebabnya. (*/ruslan)

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong