Logo Saibumi

Ada Tanda Resesi, Rupiah Melemah

Ada Tanda Resesi, Rupiah Melemah

Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di perdagangan pasar spot hari ini.

Dolar AS masih bertahan di kisaran Rp 14.200.

Pada Rabu, 28 Agustus 2019, pukul 09:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.265.

Rupiah melemah 0,11% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya, dilansir CNBC Indonesia.

Rupiah bernasib serupa dengan mata uang Asia lainnya yang cenderung melemah di hadapan greenback.

Sejauh ini hanya dolar Hong Kong, dolar Singapura, dan dolar Taiwan yang masih bisa menguat.

Sinyal Resesi Masih Ada

Pasar keuangan Asia masih shaky, seiring Wall Street yang berakhir di zona merah. Pada dini hari tadi waktu Indonesia, Dow Jones Industrial Average (DJIA) terkoreksi 0,47%, S&P 500 minus 0,32%, dan Nasdaq Composite berkurang 0,34%.

Namun karena pelemahan Wall Street relatif terbatas, investor di Asia masih belum menentukan sikap. Untuk sementara, bermain aman adalah pilihan.

Sebab, sentimen negatif masih menggelayuti pasar. Ancaman resesi belum pergi, tanda-tandanya masih ada.

Imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS tenor dua dan 10 tahun masih mengalami inversi. Artinya, yield tenor pendek lebih tinggi dibandingkan tenor panjang yang menandakan investor melihat ada risiko yang lebih besar dalam jangka pendek.

Pada pukul 08:17 WIB, yield obligasi pemerintah AS tenor dua tahun adalah 1,5159% sementara yang 10 tahun berada di 1,4677%. Dua tenor ini dipantau benar oleh investor. Bukan apa-apa, lima kali resesi di AS diawali dengan inversi yield di dua tenor tersebut.

Oleh karena itu, kekhawatiran soal ancaman resesi belum pergi. Ini yang membuat pelaku pasar belum berani bermain terbuka. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong