Logo Saibumi

Segera, Bayar PBB di Bandar Lampung Bisa Pakai GoPay

Segera, Bayar PBB di Bandar Lampung Bisa Pakai GoPay

Foto: Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Mengikuti tren digital saat ini dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan melakukan sistem pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara nontunai.

Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, mengandeng platform financial technology (fintech) pembayaran GoPay dalam aplikasi Gojek, guna menjadikan kota berjuluk 'Tapis Berseri' ini sebagai Smart City.

BACA JUGA: Kanwil Kemhan Lampung Gelar Pendayagunaan SDM Hanneg 2019

Dia mengatakan, ke depan pembayaran PBB diharapkan bisa dilakukan melalui aplikasi Gojek, sehingga masyarakat bisa lebih mudah melakukan pembayaran kewajibannya tersebut.

"Jadi nanti warga akan bayar PBB melalui ponsel di rumah masing-masing, dan tanda lunas akan langsung disampaikan ke rumah," ujar Herman HN, usai audiensi dengan pihak Gojek, di Ruang Rapat Wali Kota, Selasa, 27 Agustus 2019.

Namun masih akan di koordinasikan kembali dengan stakeholder terkait, yang berperan dalam pembayaran PBB melalui aplikasi GoPay di Gojek .

"Nanti harus ada kerjasama juga dengan Badan Pendapatan Daerah. Jadi nanti wajib pajak bisa bayar PBB dari rumah," terang Herman HN.

Diestrict Head Gojek Regional Sumbagsel, Erika Agustin, mengungkapkan, untuk pembayaran PBB konsepnya masih dalam pembahasan. Tetapi mungkin lebih ke pembayaran menggunakan GoPay.

"Iya, seperti di Semarang dan Surabaya, sudah berjalan melakukan pembayaran pembuatan SIM, STNK melalui GoPay," terangnya.

Dijelaskan, Gojek memiliki sosialintech untuk Bandar Lampung, yakni turut berperan memajukan perekonomian kota.

"Maka dari itu, kita menyambut baik kerjasama Pemkot Bandar Lampung dengan sistem pembayaran melalui GoPay, untuk memajukan UMKM di kota ini," kata Erika.

Menurut dia, dengan adanya sistem pembayaran melalui GoPay, biasanya akan ada diskon yang diberikan, baik pembelian produk UMKM maupun pembayaran lainnya.

"Wacananya begitu. Tapi nanti kita koordinasikan dulu dengan pemkot, karena di daerah lain sudah kerjasama dengan pemkot setempat. Mudah-mudahan nanti ada," harap Erika. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Peduli Kasih Saibumi.com, Bantu Anak Buruh Tani Lampung Penderita Kanker Paru-paru

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong