Logo Saibumi

Dibisiki Zulhas, Amien Rais: PAN Tidak Ikut Kabinet Kedua Jokowi

Dibisiki Zulhas, Amien Rais: PAN Tidak Ikut Kabinet Kedua Jokowi

Amien Rais (kiri) dan Zulkifli Hasan | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, menyebut posisi PAN bakal berada di luar pemerintahan Jokowi - Maruf Amin.

PAN memilih menjadi partai oposisi di pemerintahan kedua Jokowi.

Amien Rais menuturkan, keputusan PAN berada di luar pemerintahan Jokowi setelah mendapat informasi langsung dari Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).

"Mengenai PAN ini, saya dibisiki pak ketum (Zulhas) bahwa nanti PAN enggak ikut dalam kabinet yang akan datang," ujarnya, saat memberikan sambutan di perayaan ulang tahun PAN ke-21 di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Jumat, 23 Agustus 2019.

Meski PAN tidak masuk kabinet, Amien Rais mengatakan partai yang ia dirikan itu akan tetap memberikan kontribusi untuk kemajuan negara.

Caranya, lanjut dia, lewat kritikan, masukan, dan dukungan jika perlu.

"Insya Allah kita diluar berikan masukan, kritik, koreksi kalau perlu, tapi akan dorong support kalau jalannya benar," jelas Amien, dilansir Suara.com -- jaringan Saibumi.com.

Dia mengatakan keputusan tersebut melegakan hatinya.

Diketahui, Amien dikenal sebagai sosok yang menentang Jokowi sejak masa awal kampanye Pemilu 2019 bahkan sampai sudah usai.

"Keputusan itu cukup melegakan," ujar dia.

Jangan Baper

Di tempat yang sama, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, meminta agar tidak perlu lagi bawa perasaan (baper) karena Pemilu 2019 sudah selesai.

Menurut politisi asal Lampung itu, saat ini sudah waktunya untuk fokus pada Pemilu 2024.

"Pilpres sudah usai. Sudah selesai. Mari kita move on, kita mengusung kekuatan. Kalau masih baper, orang sudah menyusun kekuatan sekarang, pak Amien," ujar Zulhas di hadapan Amien Rais.

Dia meminta agar persoalan Pilpres 2019 tidak lagi dipermasalahkan. Pasalnya, ia menyebut partai-partai lain sudah menyusun rencana untuk menghadapi Pilpres 2024.

"Semua orang sudah mengusung kekuatan bagaimana bertarung lagi di 2024," jelas Zulhas.

Ketua MPR RI ini juga menghimbau kepada kadernya agar ikut berpartisipasi dalam menyusun rencana menyambut Pemilu 2024.

Dia meminta agar kadernya melakukan konsolidasi dan memperkuat barisan PAN.

"Saya minta kader-kader PAN sudah, sudah selesai kita susun kekuatan kita konsolidasi kitw perkuat barisan dan 2024 kita bisa memenangkan pertempuran," tuturnya.

Mendengar hal itu, Amien Rais yang duduk di depan Zulhas hanya terdiam dan terlihat serius memperhatikan.

Amien Rais selama masa Pemilu 2019 adalah sosok yang paling gencar menyuarakan perlawanan terhadap kubu Joko Widodo.

Bahkan, sampai KPU sudah mengumumkan Jokowi – Maruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019, Amien Rais terus mengajak pendukungnya melakukan aksi perlawanan. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong