Logo Saibumi

Peringati HUT RI ke-74, Kodim 0410/KBL Bandar Lampung Gelar Pameran Alutsista

Peringati HUT RI ke-74, Kodim 0410/KBL Bandar Lampung Gelar Pameran Alutsista

Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN dan Forkopimda berfoto bersama. Foto/Siska Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74, Kodim 0410/KBL menggelar pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista).
Kegiatan beragenda latihan antar kecabangan (ancab) tahun 2019, TNI Angkatan Darat itu gelar peran di Lapangan Saburai, Selasa, 20 Agustus 2019.
Komandan Kodim 04/10 KBL Letkol Arm Wahyu Djatmiko mengatakan, kegiatan Alutsista merupakan salah satu sarana Kodim mendekatkan dan melekatkan hati dengan warga sekaligus memperlihatkan persenjataan yang dimiliki.
“Ini merupakan perwujudtan dari kita menunjukan bahwa TNI bersama rakyat kuat,” kata Wahyu di sela acara pameran, Selasa, 20 Agustus 2019.
Wahyu menjelaskan, keikutsertaan Kodim dalam kegiatan ini untuk menunjukkan eksistensinya kepada warga dalam menjaga situasi keamanan di wilayah Bandar Lampung. Tujuannya, ingin memberitahu ke masyarakat inilah persenjataan sebenarnya yang dipakai oleh TNI AD.
“Rakyat tadi yang sangat mendukung kita, sangat mensupport kita, terlihat dari raut wajahnya mereka benar benar bangga dan mendukung TNI ini supaya semakin kuat,” ucapnya.
Alutsista, merupakan hal yang berhubungan dengan sistem senjata, kendaraan, dan perlengkapan militer dan komponennya. termasuk persenjataan dan transportasi perang maupun perlengkapan lainnya yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI).
Wahyu menyebutkan ada 14 kecabangan, mulai dari kecabangan Infanteri, Kavaleri, Artileri Medan (Armed), Artileri Pertahanan Udara (Arhanud), Zeni hingga kecabangan Topografi untuk pemetaan wilayah apabila akan melaksanakan operasi.
“Alutsista TNI AD terbaru yang dikerahkan ini antara lain roket Astros buatan Brazil dan Meriam 155 buatan Francis dari kecabangan Armed. Kemudian dari kecabangan Arhanud ada rudal Mistral, Altas dan MPSS. Selanjutnya, dari kecabangan Kavaleri adalah Tank Leopard dan Tank Marder,” sebutnya.
Pameran ini hanya digelar satu hari, sebab selanjutnya peralatan tersebut akan dikembalikan ke Cilodong, Depok, Jawa Barat. Setelah sebelumnya dipakai untuk latihan antar kecabangan di Batu Raja Lampung.
“Cuma 1 hari Ini menjelang kita serpas, sambil menunggu loading kapal kita mampir dulu ke Bandar Lampung,” jelasnya.
Masyarakat dipersilahkan datang untuk menyaksikan alutsista. Dan juga diperbolehkan menaiki tank, leopard juga berfoto.
“Kami persilahkan yang mau naik atau foto, ini punya rakyat juga. Duit duit rakyat juga, jadi kita nikmati bersama. Siapa yang nggak bangga dengan kita, dari kita untuk kita juga,” pungkasnya.
Kegiatan ini dihadiri, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN beserta jajaran. Dan dimeriahkan karena melibatkan beberapa pelajar di beberapa SMP dan SMA/SMK di Bandar Lampung.
Adapun kegiatan dimeriahkan dengan undian dorprize, musik dan pawai alutsista dengan rute mulai dari Lapangan Saburai-Jalan Sudirman-Jalan Ahmad Yani, Jalan Kartini-Jalan Pemuda-Jalan Raden Intan-kembali ke Lapangan Saburai.(*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

 

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong