Logo Saibumi

Masa Kejayaan Minyak Indonesia Selesai, Pertamina: Kami Tak Punya Pilihan

Masa Kejayaan Minyak Indonesia Selesai, Pertamina: Kami Tak Punya Pilihan

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan bahwa era kejayaan minyak dan komoditas yang selama ini menjadi penopang ekonomi Indonesia, sudah mulai lewat.

Pemerintah, akan fokus pada peningkatan kualitas SDM sebagai pondasi pembangunan ekonomi Indonesia.

Menanggapi hal ini, Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Dharmawan Samsu menuturkan, pihaknya tengah melakukan diversifikasi untuk tidak hanya berkutat pada eksplorasi minyak dan gas saja, tetapi juga energi terbarukan.

"Sudah (diversifikasi), kami tidak punya pilihan," kata dia, saat dijumpai dalam gelaran Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

Dharmawan menyebutkan, ada lima pilar yang menjadi patokan perusahaan dalam upaya memperkuat energi terbarukan, yakni panas bumi, biofuel, green refineries, geo-source atau sumber-sumber energi lain selain panas bumi yang berasal dari alam, baterai dan kendaraan listrik.

"Itu semua kami dalami dengan intens, kalau di sektor hulu, lebih kembangkan di panas bumi dan geo-source," jelasnya, dilansir CNBC Indonesia.

Kendati demikian, Dharmawan juga tidak mengesampingkan bisnis migas. Sebab, menurutnya perlu diingat juga bahwa sumber pendapatan perusahaan sampai hari ini dari proyek migas eksisting.

"Jadi, kami juga tetap kembangkan bagaimana itu sustainable karena dikaitkan dengan kilang yang sedang ditingkatkan, tidak hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri," pungkasnya. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong