Logo Saibumi

Rombongan Pemimpin Media di Lampung Kunjungi Tembok China, Menginap di Shanxi

Rombongan Pemimpin Media di Lampung Kunjungi Tembok China, Menginap di Shanxi

Rombongan Pemimpin Media di Lampung Kunjungi Tiongkok | Foto: Donny/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung - Tembok Besar atau Tembok Raksasa China, juga dikenal di Tiongkok sepanjang 10.000 Li¹ adalah bangunan terpanjang yang pernah diciptakan manusia, yang berlokasi di Tiongkok.

Tembok Besar Tiongkok dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Rombongan para pemimpin redaksi (Pemred) dan pimpinan media di Lampung bersama Owner Lembaga Kursus Mandarin Han Yuan, Steven Cheng dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta tiba di Bandara Internasional Beijing, Senin, 12 Agustus 2019, pukul 05.15 waktu setempat.

Waktu tempuh dari Jakarta menuju Baijing selama tujuh jam dengan cuaca bersahabat selama dalam perjalanan.

Selama delapan jam di Beijing, rombongan ditawarkan pihak pemandu dari Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok, Steven hendak ke Istana Kaisar atau Tembok Raksasa China. Kami memilih ke Tembok Raksasa China.

"Belum sah ke Tiongkok jika tidak mengunjungi Tembok China," ujar Pemred Tribun Lampung, Andi Asmadi.

Rombongan diangkut menggunakan bus menuju tembok raksasa, yang dibangun era Kaisar Qin pada tahun 221 SM, setelah mempersatukan negara Tiongkok, membentang timur hingga barat dan membatasi utara dan selatan sepanjang 22 ribu kilometer.

Kebetulan, pagi itu Tembok Raksasa China ramai dikunjungi pelajar karena musim liburan.

Dua jam cukup lama berada di bangunan tua tersebut. Di situ berdiri prasasti bertulisankan Belum jadi pahlawan kalau belum naik dan berkeliling di tembok raksasa ini."

Usai mengunjungi tembok, rombongan menuju Rumah Makan halal, sebelum bertolak ke Provinsi Shanxi dengan ibu kota Thaiyuan, tempat menginap rombongan.

Lama perjalanan dari Beijing ke Thaiyuan, kota terbesar ketiga di Tiongkok ini jika menggunakan kereta cepat selama tiga jam.

Shanxi banyak menyimpan benda peninggalan bersejarah bagi kejayaan agama Budha seperti Vihara maupun patung Budha.

Destinasi Populer

Dilansir dari Wikipedia, Shanxi adalah sebuah provinsi di Republik Rakyat Tiongkok. Singkatan satu katanya adalah Jin, setelah nama negara Jin yang ada pada periode Semi dan Gugur.

"Mereka itu budayanya kuat. Sejarah menjadi hal yg mereka jaga dan perhatikan," ujar Pimpinan Saibumi.com, Donny Irawan, yang ikut dalam rombongan.

Shanxi memiliki luas wilayah 150.000 km² dan populasi 32,97 juta orang.

Shanxi bila diterjemahkan berarti "barat gunung", yang menununjuk ke lokasi provinsi ini yang terletak di sebelah barat Gunung Taihang.

Shanxi berbatasan dengan Hebei di timur, Henan di selatan, Shaanxi di barat, dan Mongolia Dalam di utara. Ibu kota dari Shanxi adalah Taiyuan.

Destinasi Populer di Shanxi sebanyak 27 yaitu  Taiyuan, Pingyao County, Datong, Wutai County, Linfen, Yuncheng, Jinzhong, Xinzhou, Changzhi, Jincheng, Luliang, Jiexiu, Yangcheng County, Yangquan Shuozhou, Lingshi County, Qi County, Houma Hongdong County, Yongji dan Hunyuan County.

Kemudian, Taigu County, Xiaoyi, Ji County, Huguan County, Yuanping, Hejin, Gaoping, Ruicheng County, Fenyang, Jiaocheng County, Huozhou, Lingchuan County, Yu County, Xinjiang County, Ningwu County dan Huairen County. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong