Logo Saibumi

Pusing Setelah Konsumsi Makanan Tertentu? Redakan dengan Cara Ini!

Pusing Setelah Konsumsi Makanan Tertentu? Redakan dengan Cara Ini!

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Sakit kepala setelah mengonsumsi makanan tertentu adalah hal yang wajar. Hal ini disebut dengan 'sakit kepala postprandial'. Postpransial berarti 'setelah makan'.

Beberapa orang memperhatikan sakit kepala mereka sangat buruk setelah makan makanan tertentu, mengonsumsi makanan manis atau karbohirat.

Namun, lainnya memperhatikan adanya pola sakit kepala setelah makan.

Ada kemungkinan penyebab sakit kepala, seperti hipoglikemia postprandial (penurunan kadar gula darah) yang terjadi empat jam setelah makan, alergi makanan, intoleransi makanan, hingga gangguan sendi temporomandibular (TMJ).

Sendi temporomandibular (TMJ) merupakan sendi yang menghubungkan rahang bawah (mandibula) ke bagian tengkorak (tulang temporal) di depan telinga.

Penyebab lainnya juga bisa disebabkan oleh stimulus dingin yang lebih umum disebut dengan 'otak beku'. Ini terjadi setelah makan atau minum sesuatu yang beku atau sangat dingin.

Untuk mengembalikan sakit kepala ke kondisi semula, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut yang dilansir dari Healthline danSuara.com -- jaringan Saibumi.com, Senin, 12 Agustus 2019.

- Tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat memperburuk sakit kepala, sehingga pastikan untuk minum cukup air sepanjang hari dengan memperhatikan rasa haus Anda.

Air adalah pilihan ideal karena tidak mengandung pemanis buatan.

Hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan karena dapat memperburuk sakit kepala pada orang-orang tertentu.

- Pertimbangkan diet (pola makan) eliminasi

Diet eliminasi adalah hal yang dilakukan seseorang untuk terus mencoba pilihan makanan yang berbeda dan bagaimana mereka dipengaruhi oleh makanan tersebut.

Cara ini dapat dapat membantu Anda menemukan intoleransi makanan, sensitivitas, dan alergi potensial.

Misalnya, Anda dapat mencoba periode waktu tertentu tanpa produk susu untuk melihat apakah Anda masih mengalami gejala sakit kepala setelah makan.

Jika sakit kepala Anda hilang selama waktu ini, Anda mungkin telah menunjukkan sensitivitas makanan. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong