Logo Saibumi

Sidak, Tim Distan Bandar Lampung Temukan Hewan Kurban Tidak Layak

Sidak, Tim Distan Bandar Lampung Temukan Hewan Kurban Tidak Layak

Foto: Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, petugas dari Dinas Pertanian (Distan) bidang Peternakan Kota Bandar Lampung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantong penjualan hewan kurban, Senin, 5 Agustus 2019.

Saat melakukan pengecekan di Jalan Untung Suropati, Labuhan Dalam dan Jalan Sultan Agung, Way Halim, Bandar Lampung, tim menemukan hewan kurban yang tak layak jual.

Kambing, sapi, maupun domba dicek satu per satu, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Tak luput, bagian mulut hewan kurban juga ikut diperiksa.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota  Bandar Lampung, Agustini, mengungkapkan, petugas menemukan puluhan ekor hewan kurban yang diketahui terjangkit penyakit mata, dari sejumlah pengepul dan pedagang.

"Untuk hewan kurban sapi di Kota Bandar Lampung ada dua ribu ekor dijual di lapak dan kambing dijual di tiga ribuan lebih lapak," kata dia.

Menurutnya, hewan kurban yang layak untuk dikurbankan secara umum bagus. Tapi, di lapak pertama Jalan Untung Suropati ada beberapa hewan yang sakit, namun sudah dikarantina. Sedangkan lapak kedua di Jalan Sultan Agung tidak ada hewan yang sakit.

"Alhamdulillah, sehat semua, tapi ada juga ditemukan yang cacat. Untuk hewan yang dikurbankan harus memenuhi kriteria yang jelas, umur kambing lebih dari satu tahun, sapi dua tahun, domba enam bulan dan gigi tidak cacat," terang Agustini.

Dijelaskannya, sidak kali ini sudah dilakukan di 20 kecamatan oelh 20 tim. Mereka berharap agar masyarakat lebih tahu dalam membeli hewan kurban dan penjual harus paham agar tidak merugi. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Siska Purnama Sari 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong