Logo Saibumi

Temuan BPK RI, Penerima Bansos-Hibah di Bandar Lampung Belum Buat LPj

Temuan BPK RI, Penerima Bansos-Hibah di Bandar Lampung Belum Buat LPj

Kepala BPKAD Bandar Lampung, Trisno Andreas, Foto IST

Saibumi.com, Bandar Lampung – Sejumlah penerima bantuan sosial (Bansos) dan dana hibah di lingkungan Pemkot Bandar Lampung belum membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPj).

Dari catatan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) terhadap laporan keuangan Pemkot Bandar Lampung 2018, ada 13 penerima dana hibah senilai Rp 427 juta belum menyampaikan laporan penggunaan bantuan.

BACA JUGA: Panggung Lamban Sastra Isbedy Stiawan 'Digetarkan' Empat Kader PKS

Ada pula 32 penerima hibah lainnya senilai Rp 11,247 miliar terlambat menyampaikan laporan.

Tidak hanya itu, untuk penerima dana Bansos, setidaknya ada 38 penerima senilai Rp 196 juta yang juga belum menyampaikan laporan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Bandar Lampung, Trisno Andreas mengaku, BPK RI Perwakilan Lampung menemukan sejumlah penerima Bansos dan dana hibah di lingkungan Pemkot Bandar Lampung belum melaporkan pertanggungjawaban.

“Sembilan dari 13 penerima hibah yang dirilis BPK telah membuat laporan. Artinya hanya tersisa 4 penerima atau sebesar Rp 107 juta,” ujar Trisno, Minggu, 5 Agustus 2019.

Selanjutnya, kata dia, dari 38 penerima Bansos 21 di antaranya juga sudah membuat laporan. Dan saat ini untuk penerima dana Bansos ada 17 penerima yang belum buat laporan.

“Untuk Bansos hanya tersisa 17 penerima yang belum buat laporan atau senilai Rp 124 juta,” kata dia.

Menurut Trisno, beberapa di antara penerima hibah dan Bansos yang belum membuat laporan merupakan warga yang terkena musibah, seperti kebakaran, terima pohon dan sebagainya.

“Nilainya juga kecil, tidak terlalu besar. Paling sekitar Rp 3 jutaan,” ucapnya.

Trisno mengatakan, akan mengirimkan surat teguran kepada penerima bantuan untuk segera membuat laporan.

“Surat itu kami kirim dengan melibatkan  camat dan lurah. Mungkin karena mereka yang lebih paham dengan warganya,” pungkasnya.(*)

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Ayu Ting Ting 'Hipnotis' Ribuan Warga saat Pembukaan Pekan Raya Lampung 2019

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong