Logo Saibumi

Terpilih Ikut LSS-UKS/M Tingkat Nasional, SMPN 7 Bandar Lampung Siap

Terpilih Ikut LSS-UKS/M Tingkat Nasional, SMPN 7 Bandar Lampung Siap

Foto: Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - SMPN 7 Bandar Lampung siap menjadi Sekolah Sehat, Cerdas dan Berkarakter di ibu kota Provinsi Lampung.

Itu karena sekolah yang berlokasi di Jalan Sutan Badaruddin, Gunung Agung, Langkapura itu terpilih menjadi peserta Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (LSS-UKS/M) tingkat nasional.

Ketua Tim Penilai LSS UKS/M Tingkat Nasional, Agung Triwahyanto, mengungkapkan ada 24 provinsi di 80 kabupaten/kota yang mengikuti LSS UKS/M, terdiri dari 21 TK, 24 SD/MI, 25 SMP/MTS dan 24 MA/SMA/SMK.

SMPN 7 Bandar Lampung menjadi yang terpilih mengikuti lomba ke tingkat nasional.

"Semoga SMP 7 Bandar Lampung bisa menjadi contoh pengembangan sekolah sehat dan berkarakter di kota ini," ujar Agung, saat penilaian Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) Tingkat Nasional, di SMP Negeri 7 Bandar Lampung, Kamis 1 Agustus 2019..

Diterangkan, sesuai dengan amanat Presiden Jokowi dalam Nawacita, revolusi mental, maka dikuatkan penguatan pendidikan karakter.

Kompetisi yang mengangkat tema 'LSS Berkarakter' ini bertujuan melihat sekolah-sekolah yang mengedepankan karakter setiap peserta didik. LSS UKS-M Tingkat Nasional Tahun 2019 menambahkan katagori baru, yakni Best Attitude.

 "Katagori ini untuk melihat perilaku peserta didik di sekolah. Hal ini berbeda dari tahun kemarin yang hanya terdiri dua katagori, yaitu Best Performance atau kinerja sekolah terbaik dan Best Achievement atau pencapaian terbaik," jelas Agung.

Untuk proses penilaian, lanjut dia, berbeda dengan tahun sebelumnya, yang sekali datang langsung dinilai.

Namun untuk saat ini akan bertahap. Bulan ini datang untuk dinilai dan September kembali dinilai, hingga 28 Oktober 2019 baru diketahui hasil penilaian.

 "Proses penilaian bukan  sesaat, tapi penilaian intens, Proses agak lama, tapi berkualitas, karena berpedoman pendidikan karakter yakni olahrasa, olahpikir, olahhati dan olahraga," urai Agung.

Mulai saat ini, LSS-UKS/M memperebutkan tiga katagori perlombaan, yakni lomba menambah kata Sekolah Sehat UKS/Madrasah berkarakter.

"Itu karena menambahkan kata karakter jadi lomba UKS yang sejak enam tahun terakhir ini memperebutkan dua kategori, Best Achievement dan Best Performance, dan menambah lagi Best Attitude," ujar Agung.

Kepala SMPN 7 Bandar Lampung, Nurmaini M.Pd mengatakan pihaknya sudah berupaya menjadikan sekolah sehat, dengan tujuan ingin peserta didik juga menjadi sehat, cerdas dan berkarakter.

"Kelompok kerja (Pokja) warung hidup seperti ada tamanan hidroponik Sawi, Pakcoy, Markisa dan lainya. Bahkan untuk menguatkan pendidikan karakter sekolah yakni sekolah kami telah lima kali menamatkan baca  Alquran," ucapnya.

Mewakili Gubernur, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Theresia Sormin  menyampaikan Terimakasih Tim penilaian UKS/M nasional  menjadikan prpvinsi lampung menjadi salah satu penilaian tingkat nasional.

Program UKS/M wadah pembinaan kesehatan anak  guna mewujudkan anak sehat, berakhlak mulia ini semua juga berkat kerjasama Melibatkan unsur masyarakat, pemerintah dan sekolah.

"Program  UKS/M guna mewujudkan generasi bangsa yang Berkualitas dan profesional dimasa yang akan datang. Ini juga menghindari penyalahgunaan narkoba," kata dia

Dimana, lanjutnya, Pendidikan karakter diperuntukan generasi penyempurnaan secara individu dan melatih kemampuan diri untuk hidup lebih baik dengan pedoman terhadap 5 utama karakter  yakni Religius, integritas,nasionalis, mandiri dan Gotong Royong .

" UKS/M ini sebagai Koordinator asal sektor peserta didik untuk memahani arti kesehatan dalam meningkatkan Sdm sehat,berkualitas dan berkarakter," pungkasnya. (*)

Reporter: Siska Purnama Sari

Redaktur: Ruslan Fikri

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong