Logo Saibumi

Guna Penyelarasan Kejuruan dengan Dunia Industri, SMKN 1 Bakauheni Adakan Workshop

Guna Penyelarasan Kejuruan dengan Dunia Industri, SMKN 1 Bakauheni Adakan Workshop

Workshop Penyelarasan Kejuruan pada tanggal 30-31 Juli 2019 di Aula SMK Negeri 1 Bakauheni | Ist

Saibumi.com, Lampung Selatan - SMK Negeri 1 Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan kegiatan Workshop Penyelarasan Kejuruan pada tanggal 30-31 Juli 2019 di Aula SMK Negeri 1 Bakauheni. Kegiatan ini merupakan  tindak lanjut kerjasama pelaksanaan kelas industri di SMK dan dunia industri.  

Kepala SMK Negeri 1 Bakauheni Drs. Jaya Wijaya, M.Pd mengungkapkan telah melakukan kerjasama untuk pelaksanaan kelas industri dengan PT. SEAPI.“Dalam hal ini, SMK Negeri 1 Bakauheni dan PT South East Asia Pipe Industries (SEAPI)  melalui rapat jejaring industri pada tanggal 11 Juli 2019 telah menyepakati kerja sama pelaksanaan Kelas Industri PT SEAPI kompetensi keahlian Teknik Pengelasan (Welding) di SMK Negeri 1 Bakauheni,”ujarnya melalui rilis yang dikirimkan kepada Saibumi.com

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kompetensi pelajar dengan berbasis industri.”Pelaksanaan Kelas Industri di SMK ini merupakan salah satu Program Pengembangan SMK Berbasis Industri berlandaskan Inpres Nomor 9 tahun 2019 tentang revitalisasi SMK,”jelasnya.

Kegiatan Workshop Penyelarasan Kejuruan ini dibuka oleh Kasi Kurikulum PSMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.  Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Wilson,  S.E.,M.Pd., melalui  sambutannya mengapresiasi adanya kegiatan Workshop Penyelarasan Kejuruan. 

“Pelaksanaan kelas industri di SMK tentulah harus fokus pada produk yang dihasilkan. Produk tersebut bukan hanya barang, melainkan juga jasa. Jika kita menginginkan barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan industri maka mulai dari perencanaan hingga evaluasi di dalam pembelajaran mesti melibatkan industri pula”,tegas Wilson.

Ia juga berpesan agar keselarasan kurikulum di sekolah dan industri harus selalu terjaga agar sumber daya manusia yang diluluskan dari SMK sesuai dengan kebutuhan industri. 

Kegiatan Workshop Penyelarasan Kejuruan ini juga dihadiri langsung oleh para manajer PT SEAPI sebagai industri mitra SMK Negeri 1 Bakauheni. Abi Santosa, Manager PPIC & Trans PT SEAPI mengungkapkan bahwa PT SEAPI siap memfasilitasi SMK Negeri 1 Bakauheni untuk menyelenggarakan pendidikan yang Link and Match terhadap industri dalam menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan kompeten.

Selain guru internal dari SMK Negeri 1 Bakauheni, peserta workshop juga terdiri dari unsur guru mata pelajaran produktif SMK lainnya yang berada di wilayah Lampung Selatan dengan total peserta 55 guru. 

“Selain revitalisasi fisik revitalisasi sumber daya manusia juga sangat diperlukan, kegiatan workshop seperti ini yang kami butuhkan untuk dapat merevitalisasi guru dalam meramu pembelajaran yang pas dengan harapan industri di era digital ini”, tutur Fauzie Purnomo Sidi yang merupakan salah satu peserta seminar.

Diketahui, Program Pendidikan Vokasi “Link & Match” SMK dan Industri sedang diakselerasi oleh Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dan Kemendikbud Republik Indonesia.  Sebelumnya, Peluncuran Program Pendidikan Vokasi “Link & Match” antara Industri dan SMK untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan telah dilaksanakan pada tahun lalu.  

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara industri dengan SMK pada Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Link and Match untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan di PT Pupuk Sriwijaya Palembang, Jumat, 11 Mei 2018. Pada peluncuran inilah SMK Negeri 1 Bakauheni dan PT SEAPI berkomitmen untuk membangun negeri melalui pendidikan vokasi.(**)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong