Logo Saibumi

Badan Koordinator Bahasa Mandarin Lampung Gelar Lomba Pidato Bahasa Mandarin

Badan Koordinator Bahasa Mandarin Lampung Gelar Lomba Pidato Bahasa Mandarin

Salah satu peserta lomba pidato bahasa mandarin. Foto/Deki Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Badan Koordinator Bahasa Mandarin Lampung mengadakan lomba pidato Bahasa Mandarin se-Provinsi Lampung di Golden Bistro, Bandar Lampung, Sabtu, 27 Juli 2019.

Hal ini dilakukan untuk mengembangkan Bahasa Mandarin di Bumi Rua Jurai

Ketua Badan Koordinator Bahasa Mandarin Lampung, Steven Cheng mengaku, kegiatan ini merupakan pertama kalinya di Provinsi Lampung mengadakan lomba pidato bahasa Mandarin  se-Provinsi Lampung, karena sebelum-sebelumnya pernah ada lomba seperti ini.

“Tapi bersifat tingkat antarlembaga masing-masing atau hanya tingkat Kota Bandar Lampung saja,“ ujarnya.

Ia menambahkan, perlombaan ini terdiri dari tiga kategori, di antaranya kategori A untuk tingkat anak-anak kelas 1-6 SD, kategori B tingkat remaja atau SMP.

“Dan kategori C tingkat SMA ke atas,“ terang Steven kepada Saibumi.com.

Peserta lomba akan dinilai oleh, Lie Kim Eng yang merupakan guru senior Bahasa Mandarin, perwakilan pengusaha, Lie Sio Ho dan perwakilan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Lampung Gunawan Qiu.

Steven menjelaskan, kategori penilaian yang dinilai meliputi pelafalan, isi materi, dan penguasaan panggung. Adapun materi pidatonya,  peserta menjelaskan tentang cita-cita, keluarga, hingga alasan mempelajari Bahasa Mandarin.

Dengan digelarnya perlombaan pidato Bahasa Mandarin tersebut, lanjut Steven, dapat membantu sekolah-sekolah, terutama sekolah yang memiliki mata pelajaran Bahasa Mandarin, untuk lebih mengembangkan bakat siswanya dalam berbahasa Mandarin.

Sekretaris PSMTI Lampung ini mengaku, mempunyai keinginan agar bisa membantu sekolah-sekolah yang memiliki mata pelajaran bahasa mandarin bisa betul-betul berkembang, dengan perlombaan seperti ini, diharapkan bisa membantu sekolah-sekolah tersebut.

“Untuk mengembangkan bakat siswanya,” harapnya.

Ia mengatakan, semakin banyak non-Tionghoa yang mempelajari bahasa Mandarin. Artinya masyarakat semakin sadar tentang pentingnya menguasai bahasa Mandarin.

Lomba tersebut diikuti oleh 178 peserta  dari tingkat SD, SMP, SMA ke atas. Badan Koordinator Bahasa Mandarin Lampung mengundang sebanyak 53 sekolah se-Provinsi Lampung untuk mengikuti lomba. Namun hanya 39 sekolah yang mengirim perwakilannya untuk mengikuti perlombaan tersebut. (*)

Reporter: Deki Kesatrian

Redaktur: Andi Priyadi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong