Logo Saibumi

Warga Kotabumi Lampura Antusias Ikuti Pengobatan Gratis KAI Tanjung Karang

Warga Kotabumi Lampura Antusias Ikuti Pengobatan Gratis KAI Tanjung Karang

Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung Utara -- Warga Kotabumi, Lampung Utara (Lampura) antusias mengikuti pengobatan gratis yang digelar PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang, Lampung, di Stasiun Kotabumi, Rabu, 24 Juli 2019.

Bakti sosial PT KAI Tanjung Karang ini merupakan yang ketujuh kalinya di 2019.

Kali ini, PT KAI Tanjung Karang melaksanakan pengobatan gratis menggunakan rangkaian Rail Clinic, bagi warga sekitar bantaran rel kereta api (KA).

Pembukaan kegiatan Rail Clinic dihadiri unsur muspika seperti camat, lurah, kapolsek Kotabumi, danramil Kotabumi, serta 250 warga sekitar Stasiun Kotabumi.

Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sulthon Hasanudin, mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga di sekitar pinggiran rel, sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada warga.

"Ini merupakan bentuk CSR PT KAI di bidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel, sekaligus bertujuan mendekatkan diri, menjalin keakraban dan silahturahmi dengan masyarakat," kata dia, dalam keterangan tertulis yang diterima Saibumi.com, Kamis, 25 Juli 2019.

Menurut Sulthon, tujuan bakti sosial yang telah diselenggarakan sejak 2017 tersebut, selain untuk menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan dan dapat dijangkau dengan fasilitas kesehatan berbasis jalan rel, sekaligus menyosialisasikan bahaya masyarakat yang beraktifitas di sekitar rel.

"Kita saling bekerjasama dalam menjaga lingkungan, apalagi daerah yang rawan banjir. Buang sampah jangan di rel kereta dan di saluran yang bisa menyebabkan banjir, sehingga berpotensi gangguan dan membuat perjalanan kereta api menjadi tidak selamat," jelasnya.

Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sapto Hartoyo, menambahkan, layanan Rail Clinic ini di antaranya pemeriksaan umum, poli gigi, cek kehamilan, poli mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

"Undangan kami berikan untuk 250 orang, yang pembagiannya kita serahkan kepada pemerintah desa setempat. Namun bagi masyarakat yang tidak menerima undangan pun tetap akan kami layani" jelasnya.

Salah satu warga penderita strok selama empat tahun, Urip (68), mengaku terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini, karena mendapat pelayanan tanpa harus ke klinik kesehatan yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalnya.

“Lumayan pelayanannya, dilakukan terapi, diperiksa dokter dan diberi obat gratis. Dokter dan perawatnya ramah-ramah. Semoga acara ini sering diadakan saja di sini,” katanya. (rilis/eva)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong