Logo Saibumi

Konflik di Mesuji, Mantan Danrem 043/Gatam Lampung: Pemerintah Pusat Harus Turun

 Konflik di Mesuji, Mantan Danrem 043/Gatam Lampung: Pemerintah Pusat Harus Turun

Foto IST

Saibumi.com, Lampung Tengah – Pati Sahli Kasad Bidang Sosial dan Budaya, Brigjen TNI Amalsyah Tarmizi menilai konflik di Kabupaten Mesuji sudah terlalu lama sejak dirinya menjabat Danrem 043/Gatam, Lampung pada 2012 lalu.

“Konflik di Mesuji sudah lama sejak 2012. Sekarang saja sudah 2019. Sudah tujuh tahunan persoalannya hutan register. Penguasaan oleh sekelompok masyarakat secara ilegal,” kata Amalsyah

di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Lampung Tengah, Kamis, 18 Juli 2019.

Sekarang ini, kata Amalsyah, kemungkinan permasalahannya sudah berbeda.

“Mungkin sekarang masalahnya sudah beda. Bahkan malah mungkin semakin menumpuk. Semakin kusut permasalahannya,” ujarnya.

Guna menyelesaikan permasalahan ini, kata Amalsyah, pemerintah pusat harus turun.

“Persolannya itu kan hutan Register 45. Kewenangan pengelolaannya. Kewenangannya bukan di pemerintah daerah, tapi di pusat. Kalau mau menyelesaikan secara tuntas, harus pemerintah pusat yang menyelesaikan,” ungkapnya.

Supaya permasalahan tidak meluas, kata Amalsyah, peran kepolisian dan TNI harus maksimal.

“Kalau sudah ada kejadian, peran kepolisian dibantu TNI harus maksimal. Ini agar permasahannya tidak meluas. Melokalisasi permasalahan sehingga tidak merugikan masyarakat lain,” tegasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com Sansurya

 

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong