Logo Saibumi

Gelar Seminar Kesehatan di Lampung, RS Bethsaida Hadirkan Tiga Dokter Terbaik

Gelar Seminar Kesehatan di Lampung, RS Bethsaida Hadirkan Tiga Dokter Terbaik

Foto: Deki/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Rumah Sakit Bethsaida Hospital menggelar seminar kesehatan dengan tema 'Mengenal Lebih Jauh Pencegahan dan Pengobatan Gangguan Usus, Jantung dan Tulang' di Emersia Hotel & Resort, Bandar Lampung Sabtu, 13 Juli 2019.

Hadir Dr. Okkian Wijaya K, Sp.B (K)BD FINACS, Dr. Dasaad Mulijono, MBBS (Hons), FIHA, FIMSANZ, FRACGP, FRACP, Ph.D dan Dr. Albert Gandakusuma, Sp.OT sebagai pembicara dari Rumah Sakit Bethsaida.

Rumah Sakit Bethsaida merupakan General Hospital pertama di wilayah Gading Serpong. Kabupaten Tangerang, Banten yang mulai beroperasi pada 12 Desember 2012.

RS Bethsaida memiliki 200 tempat tidur serta didukung tenaga medis yang terlatih dan profesional, peralatan medis yang lengkap, dan modern serta mampu memenuhi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat luas.

Dalam materinya, Dr. Dasaad mengungkapkan penyebab kematian nomor satu di Indonesia adalah penyakit jantung.

"Penyakit Kardiovaskular menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Risiko gangguan kesehatan yang berkaitan dengan jantung dan pembuluhan darah itu bahkan tertinggi ketiga di Asean. Berbagai faktor terkait pola hidup menjadi pemicu munculnya penyakit ini, " ujar Dasaad

Meskipun penderita penyakit jantung sudah memasang cincin atau ring di dalam tubuhnya, lanjut dia, belum ada jaminan cincin tersebut tidak menyebabkan penyumbatan.

"Tetap ada kemungkinan menyebabkan penyumbatan sekitar 30 sampai 50 persen, " terang Consultant Physician and Interventional Cardiologist (Australia) tersebut.

Dia bersama RS Bethsaida mempunyai terobosan dalam mencegah dan mengobati penyakit berbahaya tersebut.

"Cukup dengan melakukan diet, olahraga dan kita juga berikan suplemen-suplemen tertentu. Kunci dari program kita adalah pada program dietnya, makanan dan minuman apa saja yang perlu dihindari dan dikonsumsi, kita sudah punya programnya. Tentunya didukung suplemen khusus dari kita, " jelasnya.

Dr. Okkian dalam seminar kesehatan tentang Kanker Usus Besar menekankan kepada masyarakat untuk melakukan screening, serta mewaspadai gejala-gejala yang ada.

"Seperti pada kanker-kanker lainnya, pencegahan kanker usus besar adalah pola dan gaya hidup sehat, seperti jangan merokok, lakukan olahraga kalau bisa setiap hari walaupun hanya sebentar, "imbaunya.

Untuk melakukan screening, lanjut Okkian, yang dianjurkan adalah pada usia 50 tahun ke atas. Pada usia tersebut, angka terjadinya kanker usus besar lebih tinggi.

"Dianjurkan untuk populasi 50 tahun ke atas supaya melakukan screening dan lebih aware atau menyadari pada gejala-gejala yang ada," ujar Okkian.

Dijelaskan, gejala-gejalanya bisa berupa perubahan pola Buang Air Besar (BAB) atau mengalami BAB berlendir dan juga berdarah.

"Tapi belakangan ini, bukan hanya untuk usia 50 tahun ke atas saja yang mengalami penyakit tersebut, melainkan pada usia muda pun ada yang sudah mengalami penyakit ini, disebabkan perubahan pola makan dan juga gaya hidup," terang Okkian.

Sedangkan untuk nyeri bahu, Dr. Albert menerangkan di hadapan ratusan tamu undangan yang hadir pada acara seminar tersebut, kerap dialami karena empat otot besar pada bahu mengalami gangguan.

"Biasanya itu terjadi disebabkan usia yang semakin bertambah, otot-otot bahunya kurang digerakkan, berkurangnya kolagen, melakukan pekerjaan terlalu berat dan juga karena terkilir atau keseleo," jelasnya.

Yang tidak kalah pentingnya, lanjut Albert, kita harus menghindari terlalu lama menggunakan komputer, menyetir mobil dan sesering mungkin gerakan bahu, tapi jangan terlalu banyak, serta jangan menggerakkan bahu dengan gerakan yang sama secara terus menerus.

"Jaga berat badan, karena semakin berat badannya, bebannya pun semakin berat," kata dia. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Deki Kesatrian

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong