Logo Saibumi

Wali Kota Bandar Lampung Anggarkan Pembangunan Masjid Safinatul Ulum UIN RIL

Wali Kota Bandar Lampung Anggarkan Pembangunan Masjid Safinatul Ulum UIN RIL

Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, dikawal Plt Kasat Pol PP, Suhardi Syamsi, saat berkunjung ke Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL)

Saibumi.com, Bandar Lampung - Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, menyebut ornamen Masjid Safinatul Ulum di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, Lampung (RIL) terbaik se-Sumatera.

Dengan begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung berencana menganggarkan dana dari APBD untuk membantu pembangunan masjid tersebut.

"Masjid yang dibangun UIN ini hampir jadi. Saya yakin ini terbagus di Sumatera. Ornamennya sudah seperti masjid-masjid di Makkah ataun Madinah," kata Herman HN.

Dia berharap pembangunan Masjid Safinatul Ulum ini segera terealisasi di tahun ini, agar segera dapat digunakan mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk beribadah.

"Kalau belum pernah sholat di Makkah dan Madinah, bisa merasakan sholat di sini. Sama dan sejuk. Tingginya delapan meter. Setuju saya," ungkap wali kota.

Terkait bantuan pemkot berupa biaya untuk pembangunan tersebut, Herman HN berencana akan menganggarkan melalui APBD.

"Ya, ada sedikit, nanti dibantu, dianggarkan melalui APBD," terangnya.

Rektor UIN Lampung, HM Mukri menyambut baik bantuan dana untuk tahap penyelesaian masjid, yang akan diberikan wali kota Bandar Lampung.

"Sebelumnya saya berterimakasih. Saya yakin, insya Allah jika pak wali kota sudah bilang ya, akan menepati janjinya. Bila dia mengatakan akan bantu, pasti dibantu," kata dia.

Mukri menaksir, biaya yang akan dikeluarkan untuk proses pengerjaan tahap akhir, seperti pemasangan keramik, ornamen samping dan plafon akan menghabiskan dana sebesar Rp 8 miliar hingga Rp 10 miliar.

"Besaran dana itu untuk finishing, namun bila hingga selesai pembangunan termasuk menara masjid mencapai Rp 50 miliar," ungkap Mukri.

Selama ini proses pembangunan Masjid Safinatul Ulum dari awal hingga kini, pihak UIN mengerjakannya sendiri tanpa diberikan kepada konsultan dan kontraktor.

"Kami membangun sendiri, secara sukarela dan bergotong royong," ujar Mukri.

"Terimakasih atas kunjungan pak wali kota ke kampus kami. Semoga menjadi berkah di hari Jumat," tambahnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Siska Purnama Sari

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong