Logo Saibumi

Walhi Lampung: Sampah TPA Bakung Longsor karena Pengelolaan Belum Maksimal

Walhi Lampung: Sampah TPA Bakung Longsor karena Pengelolaan Belum Maksimal

ilustrasi sampah. Foto IST

Saibumi.com, Bandarlampung – Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Lampung, Irfan Tri Musri menilai, longsor yang terjadi pada tumpukan sampah di kolam licid tempat pembuangan akhir (TPA) Bakung dikarenakan pengelolaan sampah yang belum maksimal.

Pengelolaan yang kurang baik penyebabnya banyak hal salah satunya bencana.

“Longsor itu tidak terjadi, kalau pengolahan sampahnya berjalan dengan baik dan benar,” kata dia, saat dikonfirmasi melalui telepon selular, Rabu, 10 Juli 2019.

Menurutnya, isu lingkungan tekait pengolahan sampah di TPA Bakung sendiri bukan merupakan hal baru. Ditambah lagi terdapat Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang pengolahan limbahnya tidak jelas.

“Seharusnya pemerintah kota setempat melakukan eksekusi dengan kegiatan untuk memperbaki dan memaksimalkan kinerja TPA itu sendiri. Karena isu TPA Bakung ini bukan baru berjalan 2 bulan saja tapi sejak lama. Kalau Pemkot tegas seharusnya sudah ada langkah kongrit dong,” jelasnya.

Saat ini, berbagai pihak seperti Dinas  Lingkungan Hidup (DLH), Pekerjaan Umum (PU), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sendiri tengah melakukan evakuasi terhadap peristiwa tersebut.

“Diprediksi pengerjaan memakan waktu berkisar 1 bulan lamanya,” ungkap Kepala UPT TPA Bakung, A Setiawan Batin di lokasi tersebut, Rabu, 10 Juli 2019.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala. Ini lebih kurang kita kerjakan dalam waktu 1 buln. Kalau kurang kita akan tambah waktu. Molen ini ketimbun sekitar 2 meter. Hari ini sudah ada sekitar 10 rit ini akan dilaksanakan sampai sore,” tandasnya.(*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong