Logo Saibumi

Bersihkan Longsor Sampah TPA Bakung, Tiga Eksavator-10 Truk Diturunkan

Bersihkan Longsor Sampah TPA Bakung, Tiga Eksavator-10 Truk Diturunkan

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pascalongsornya tumpukan sampah di Kolam Licid Tempat Pembuang Akhir (TPA) Bakung, Teluk Betung Barat (TBB), Selasa, 9 Juli 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandar Lampung masih melakukan upaya pembersihan.

Pada proses evakuasi material pembangunan atau pembersihan longsoran sampah ini, pihak TPA Bakung bersama DLH, PU, dan BPBD Bandar Lampung langsung bergerak mengeruk sisa longsoran sampah menggunakan tiga alat berat.

"Dalam proses pembersihan ini kita menggunakan tiga alat berat eksavator dan 10 truk mobil, untuk mengangkut sampah yang longsor. Kendaraan kita siapkan dari Lingkungan Hidup (DLH) 10 unit," ujar Kepala TPA Bakung, A. Setiawan Batin, Rabu, 10 Juli 2019.

Seluruh pekerja dari DLH, PU, dan BPBD mulai bergerak membersihkan longsoran dari pukul 11.30 WIB. Khususnya melakukan evakuasi peralatan bangunan yang tertimbun.

"Ini baru mulai dikerjakan. Baru satu alat yang membersihkan. Dua alat eksavatornya sedang dalam perjalanan ke sini. Nanti bisa lebih optimal," kata Setiawan.

Diterangkan, proses pembersihan diprediksi selama satu bulan, dan akan terus dikejar. Dia berharap tidak ada kendala walaupun cuaca mendung.

"Ya, untuk estimasi waktu sekira satu bulan atau 45 hari. Kalau kurang, kita bisa tambah waktu, karena ini bencana alam. Kita fokuskan pada dua meter dari sisi depan Molen yang tertimbun," jelas Setiawan.

Sebelumnya diberitakan, akibat hujan empat hari berturut-turut di Kota Bandar Lampung, tumpukan sampah di sektor kolam licid TPA Bakung longsor.

Bahkan, longsoran sampah tersebut menimbun alat berat dan material bangunan di sekitar lokasi. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Siska Purnama Sari

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong