Logo Saibumi

Paripurna, Wali Kota Bandar Lampung Paparkan Komposisi Rancangan APBD-P

Paripurna, Wali Kota Bandar Lampung Paparkan Komposisi Rancangan APBD-P

Foto IST

Saibumi.com, Bandar Lampung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyampaikan komposisi rancangan perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 dengan kenaikan menjadi Rp 2,838 triliun.

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN mengatakan, untuk mengoptimalkan pembangunan di berbagai sektor, khususnya pendidikan dan infrastruktur. Pemkot mengajukan penambahan APBD Perubahan 2019 kepada DPRD Kota Bandar Lampung.

“Ya kan ada dana dari pusat dana kelurahan belum masuk di murni kita masukan, sehingga ada pergeseran dana. Ini kan perubahan APBD namanya, bisa kurang bisa tambah. Yang nggak penting, kita masukan ke yang penting pada perubahan APBD ini,” kata Herman HN, di sela rapat paripurna di ruang rapat DPRD setempat, Senin, 8 Juli 2019

Menurut Herman HN, perubahan APBD dapat dilakukan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD. Yaitu berupa terjadinya pelampauan proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan yang semula ditetapkan.

“Di dalam perubahan APBD ini yang kita prioritaskan. Ya hal-hal yang mendesak tidak melalui kontrak-kontrak. Sehinga ini masuk kedalam program prioritas Wali Kota, di antaranya pendidikan dan Infrastruktur,” kata mantan Kadispenda Lampung ini.

Selain itu, dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah kota sampai dengan akhir tahun anggaran 2019, direncanakan untuk membiayai belanja daerah sebesar Rp 2,838 triliyun lebih.

“Ya terjadi peningkatan di belanja daerah, tunjangan kinerja kita naikan kemarin. Karena belum masuk tunjangan kinerja sekarang masuk,” terangnya.

Dalam sambutannya di forum rapat, berdasarkan kondisi riil yang diproyeksikan total pendapatan daerah kota Bandar Lampung  pada APBD tahun anggaran 2019 mencapai Rp 2,960 triliun.

Mengalami peningkatan sebesar Rp 309 miliar lebih atau11,66% dibanding total pendapatan daerah pada APBD induk tahun anggaran 2019 sebesar Rp 2,651 triliun.

Kenaikan, lanjut Herman, bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang semua dianggarkan pada APBD induk sebesar Rp 833 miliar, menjadi Rp 1,062 triliun. Sehingga bertambah Rp 229 miliar  lebih atau 27,51%.

“Terdiri dari pajak daerah Rp 739 miliar lebih, bertambah sebesar Rp124 miliar atau 2p,43% dari APBD induk sebesar Rp 606 miliar lebih. Lain-lain dari PAD yang sah Rp 226 miliar lebih, meingkat Rp 69 miliar atau 43,92% dar APBD induk sebesar Rp 157 miliar,” paparnya.

Pendapatan daerah yang sah yang dianggarkan pada APBD induk sebesar Rp 380 miliar. Pada APBD Perubahan menjadi Rp 460 miliar sehingga bertambah sebesar Rp Rp 80 miliar atau  21,01 persen.

Dalam rangka pelayanan program dan kegiatan Pemkot Bandar Lampung sampai akhir tahun 2019 direncanakan untuk membiayai belanja daerah sebesar Rp 2,838 triliyun  yang secara umum rencana belanja dimaksud telah telah terakomodir, baik belanja langsung maupun tak langsung.

Antara lain karena, adanya kebaikan belanja gaji PNS dan tunjangan akibat anggaran, kenaikan belanja hibah dan belanja tak terduga penambahan belanja untuk pembayaran kewajiban tahun anggaran2018 pada beberapa OPD.(*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong