Logo Saibumi

Wow! Tahun Ini Napi Bandar Narkoba di Lampung 3.104 Orang

Wow! Tahun Ini Napi Bandar Narkoba di Lampung 3.104 Orang

Kepala BNNP Lampung, Brigjen Pol Tagam Sinaga | Foto: Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Bertepatan dengan Hari Anti Narkotika International (HANI) ke-31, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung melakukan pemusnahan barang bukti narkotika, di Pantai Puri Gading, Teluk Betung Timur, Selasa, 25 Juni 2019, pukul 09.30 WIB.

Kepala BNNP Lampung, Brigjen Pol Tagam Sinaga, memaparkan, pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu dan ganja ini merupakan hasil dari pengungkapan kasus dua bulan terakhir di tahun ini.

BNN menyita sabu seberat 1.524,47 gram (1,5 kilogram) dan ganja seberat 57.850,22 gram (57,8 kilogram).

"Pemusnahan barang bukti ini diekspose, agar tidak ada yang berpikir setelah disita beredar lagi di lapangan," ujar Tagam.

Dalam ungkap kasus tersebut, petugas BNNP Lampung mengamankan 19 laki laki dan satu wanita sebagai tersangka.

BNNP Lampung juga melakukan tindakan pelepasan timah panas kepada tersangka laki laki, karena dalam penangkapan mencoba melarikan diri.

"Dari 19 tersangka laki laki yang ditembak petugas, tiga di antaranya meninggal dunia saat dalam perjalanan ke rumah sakit. Sedangkan satu wanita sedang dalam keadaan hamil, sehingga tidak diberikan timah panas," ungkap Tagam.

Dia juga menyebutkan, jumlah narapidana (Napi) kasus narkoba tahun ini sebanyak 4.134 orang. Di antaranya, bandar 3.104 orang dan pengguna 1.030 orang.

"Vonis tertinggi hukuman mati dengan barang bukti enam kilogram sabu, dan vonis terendah tujuh bulan penjara. Penyalagunaan narkoba untuk usia paling tua yakni 67 tahun, sedangkan yang paling muda 15 tahun," jelas Tagam lagi.

Narkoba tersebut bukti dari terungkapnya jaringan baru di Lampung, seperti sabu dari Pekanbaru yang akan diedarkan di wilayah Lampung dan ganja dari Aceh.

"Selama ini kita ungkap sabu-sabu, tapi dalam kasus ini berhasil diamankan ganja," ujar Tagam.

BNNP Lampung juga akan memberikan penghargaan kepada jaksa penuntut umum (JPU) yang berani menuntut mati, dan Hakim yang memvonis mati terdakwa narkoba. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Siska Purnama Sari

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong