Logo Saibumi

Tahun Ini, Dinas Kesehatan Bandar Lampung Akreditasi 12 Puskesmas

Tahun Ini, Dinas Kesehatan Bandar Lampung Akreditasi 12 Puskesmas

Edwin Rusli | Foto: Dok. Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Akreditasi 12 Puskesmas di Bandar Lampung akan dilaksanakan selama empat bulan, mulai Agustus hingga Desember 2019.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli, Kamis, 13 Juni 2019.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memiliki total 30 Puskesmas dengan 12 puskesmas Rawat Inap dan 18 Puskesmas Rawat Jalan, yang semuannya telah terakreditasi Madya dan Utama.

Tahun ini, Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung akan melakukan akreditas untuk 12 Puskesmas, dengan target mendapatkan Akreditas Paripurna terhadap Puskesmas Rawat Inap Kedaton dan Satelit di Pahoman.

"Yang dilakukan akreditas ini bagi puskesmas yang telah terakreditas selama tiga tahun. Jadi tahun 2019 kita akreditas 12 Puskesmas, 2020 sebanyak 12 Puskesmas dan 2021 sebanyak enam Puskesmas. Dalam satu bulan biasanya petugas akreditasi dapat melakukan akreditasi sebanyak empat puskesmas," kata Edwin.

Adapun tingkatan akreditasi dari Madya, Utama dan Paripurna. Sementara untuk Puskemas di Bandar Lampung telah terakreditasi Madya dan Paripurna.

"Ya, kita targetkan Puskesmas Satelit dan Kedaton yang saat ini Utama, dapat naik ke Paripurna," harap Edwin.

Dijelaskan, parameter akreditasi mulai dari dokumen-dokumen, cara-cara pelayanan, jumlah tenaga kerja perawat maupun dokter.

"Semua itu sudah tercukupi dan kita sudah siap untuk ikut akreditasi," terang Edwin.

Untuk jumlah dokter, ideal Puskesmas Rawat Inap sebanyak enam dokter dan empat dokter untuk Puskesmas Rawat Jalan.

"Untuk 30 Puskesmas kita semuannya sudah lengkap dan cukup dokter-dokternya," ungkap Edwin. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong