Logo Saibumi

Riset Terbaru, Minum Kopi Beberapa Gelas Sehari Tidak Buruk bagi Jantung

Riset Terbaru, Minum Kopi Beberapa Gelas Sehari Tidak Buruk bagi Jantung

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Pecinta kopi bisa bersukacita sekarang, karena minum beberapa cangkir kopi sehari sebenarnya tidak buruk bagi jantung, seperti banyak diberitakan sebelumnya.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 8.000 orang di Inggris membuktikan, minum lima cangkir kopi dalam sehari tidak lebih buruk dari minum kurang dari satu cangkir kopi sehari.

Di masa lalu, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat memperkeras arteri, yang dapat menyebabkan masalah jantung yang serius.

Tetapi temuan baru menunjukkan bahwa bahkan mereka yang minum dengan jumlah harian yang lebih tinggi tidak lebih mungkin mengalami pengerasan pembuluh darah dibandingkan mereka yang minum kurang dari satu cangkir sehari.

Penelitian ini sebagian didanai oleh British Heart Foundation dan dilakukan oleh para ahli di Queen Mary University of London.

Para peserta semuanya telah dipindai jantungnya dan dites menggunakan gelombang inframerah. Bahkan setelah usia, berat badan, dan status merokok diperhitungkan, para peneliti menemukan hasilnya benar.

"Meskipun kopi sangat populer di seluruh dunia, berbagai laporan dapat membuat orang tidak menikmatinya," kata Dr Kenneth Fung, dari Queen Mary University of London.

"Kami tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat dalam penelitian ini, tapi penelitian kami menunjukkan bahwa kopi tidak buruk bagi arteri seperti yang disampaikan oleh penelitian sebelumnya," katanya seperti dikutip dari laman Mirror dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Kamis, 13 Juni 2019. (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong