Logo Saibumi

Dinilai Cemarkan Lingkungan, Puluhan Warga Lamtim Desak Usaha Ayam Potong Ditutup

Dinilai Cemarkan Lingkungan, Puluhan Warga Lamtim Desak Usaha Ayam Potong Ditutup

Puluhan warga mendatangi kandang ayam di Dusun I Desa Gunungpasir Jaya, Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Rabu 12 Juni 2019. | Nurman Agung / Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Timur - Puluhan warga mendatangi kandang ayam potong di Dusun I Desa Gunungpasir Jaya, Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Rabu 12 Juni 2019.

Puluhan personel Polri dan TNI diturunkan ke lokasi kandang ayam potong untuk mencegah anarkis masyarakat.

Menurut Kadus I Desa Gunungpasir Jaya, Yurianto, warga dua kali mendatangi dengan tujuan menuntut menutup kandang ayam potong karena pencemaran udara dan lalat hingga di pemukiman masyarakat setempat.

Menurutnya, kandang ayam potong berdiri sejak tahun 2006 dengan mengantongi izinnya, tetapi belum diperpanjang oleh pemiliknya.

"Dulu jumlah ayamnya sedikit, tapi kok makin lama makin banyak ayam. Kenapa baru sekarang warga bereaksi karena pencemaran udara dan lalat. Kami minta agar usaha inu ditutup," kata dia kepada Saibumi.com.

Andi, anak pemilik usaha ayam potong, mengaku sudah meminta waktu kepada masyarakat karena memang memindahkan 3.500 ekor ayam tidak mudah.

"Keluarga kami juga sedang mendirikan tempat di daerah lain, dan pelan-pelan merombak kandang di tempat sekarang ini," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Sekampungudik, M Edy Susilo, mengatakan, izin usaha kandanh ayam potong sudah mati sejak 20 Maret 2019. Pihak kecamatan sudah tiga kali melayangkan surat teguran untuk memperpanjang izin.

"Persoalan ini kerap terjadi di kecamatan lain. Pemilik usaha tersebut minta waktu sampai bulan September, karena butuh waktu untuk memindahkan ribuan ayam yang sudah produksi," ungkapnya. (SB-08)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong