Logo Saibumi

Ingin Hemat Baterai Ponsel? Jangan Pakai Aplikasi, Begini Caranya

Ingin Hemat Baterai Ponsel? Jangan Pakai Aplikasi, Begini Caranya

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Dari banyaknya tips menghemat baterai ponsel, sebagian besar pengguna Android menganjurkan untuk membersihkan recent apps atau deretan aplikasi yang sedang dan baru dibuka.

Namun pada kenyataannya, cara tersebut justru lebih membuat ponsel cepat mati karena kehilangan daya baterainya. Lho, kok bisa?

Sebagaimana dilansir CNET dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Selasa, 11 Juni 2019, deretan aplikasi yang berada di recent apps sebenarnya berada dalam kondisi berhenti.

Aplikasi tersebut disimpan dalam memori sementara ponsel (RAM) dan akan tercatat sebagai cache, agar ketika dibuka kembali bisa merespons lebih cepat.

Adapun cara yang benar untuk menghemat baterai ponsel, khusunya Android, bisa dicoba dengan mengurangi notifikasi dan membuat batas pemakaian data.

Untuk ponsel Android, cara mengurangi notifikasi bisa dibuka pada menu Settings dan pilih tab Notifications, lalu atur notifikasi apa saja yang bisa ditampilkan di layar.

Sedangkan untuk mengatur pemakaian data aplikasi, pengguna Android cukup membuka menu Settings > Data usage, atau buka Settings > General > Background app refresh dan pilih aplikasi yang ingin dimatikan, agar aplikasi tidak menyedot data dan baterai lebih banyak. (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong