Logo Saibumi

BBPOM Bandar Lampung Dapati Produk Kadaluarsa di Transmart

BBPOM Bandar Lampung Dapati Produk Kadaluarsa di Transmart

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BBPOM Bandar Lampung, Tri Suyarto | Foto: Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Petugas Kantor Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandar Lampung tak pernah lengah dalam pengawasan produk makanan dan olahan selama Ramadhan.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BBPOM Bandar Lampung, Tri Suyarto.

Dijelaskan, BBPOM bersama Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) dan Satgas Pangan Lampung terus melakukan pemeriksaan sampai dengan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Hampir tiap pekan tim gabungan melakukan pengawasan di pusat perbelanjaan, mulai dari pasar tradisional maupun modern.

"Pada kegiatan hari ini kita sudah sama-sama memantau dua lokasi, yakni di Pasar Tugu dan Transmart. Ketika di pasar tradisional, kita memang fokus pada bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue. Sedangkan di supermarket kita memantau produk makanan olahan," kata Tri, Senin, 27 Mei 2019.

Diungkapkannya, dari hasil sidak di Pasar Tugu, Tim JKPD dan Satgas Pangan tidak menemukan produk bahan makanan yang memiliki kandungan berbahaya.

Artinya semua aman, higienis, halal, layak edar dan layak konsumsi.

"Bisa dibilang memenuhi persyaratan, karena memang tidak ditemui bahan makanan yang berbahaya dan semuanya aman," terang Tri.

Tim lalu melakukan pemantauan di pasar modern Transmart. Dari hasil  sidak, satgas pangan menemukan produk bahan olahan yang izin usahanya sudah habis masa berlakunya atau kadaluarsa (expired), yakni 2017.

"Seharusnya produsen memperbaharui dan memperpanjang. Ini sudah dari tahun 2017 ijin usahanya belum diperbaharui, sehingga produk itu diamankan dan tidak boleh dibiarkan lagi," ujar Tri.

Dia menghimbau kepada masyarakat Kota Bandar Lampung untuk tetap waspada dalam memilih pangan olahan. Harus selalu diingat, lebih teliti lagi dari segi kemasannya, label sertifikasi dan masa tenggang konsumsi.

"Pilih produk harus dalam kondisi utuh, tidak penyok, labelnya sesuai dengan ketentuan komposisinya ada netto, terdapat label Balai POM, MUI, serta belum kadaluarsa. Yang terpenting, cari tempat yang bersih dan sanitasinya terjamin, sehingga tidak terkontaminasi," imbau Tri. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong