Logo Saibumi

Sidak, Tim JKPD Lampung Temukan Produk Berjamur-Busuk di Transmart

Sidak, Tim JKPD Lampung Temukan Produk Berjamur-Busuk di Transmart

Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) dan Satgas Pangan saat melakukan sidak | Foto: Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) dan Satgas Pangan Lampung tak henti melakukan pemeriksaan di pusat perbelanjaan pangan di provinsi tersebut.

Dalam inspeksi mendadak (Sidak) yang menyasar pasar tradisional maupun pasar modern di Bandar Lampung, Senin, 27 Mei 2019, tim menemukan beberapa produk komoditi tomat yang berjamur dan busuk, namun masih dipajang di Transmart.

Tim lalu menyarankan pihak Transmart untuk menarik produk tersebut dari display dan segera dimusnahkan.

Namun secara umum bahan pangan relatif aman dikonsumsi karena bebas formalin dan residu pestisida.

"Produk bebas kandungan formalin dan pestisida. Namun ada beberapa ditemukan tomat sudah berjamur dan busuk. Tolong lebih teliti lagi, jangan sampai dibeli konsumen," ujar Ketua Tim JKPD Lampung, Oktovia Hafid.

Dia mengungkapkan, sidak diikuti dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, BBPOM, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan. Juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Agama, Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian. 

"Masing-masing satker memeriksa sesuai tupoksinya. Namun secara umum dapat kami jelaskan kegiatan ini selain untuk melakukan pemeriksaan keamanan, juga memeriksa kandungan bahan berbahaya pada makanan, di antaranya formalin, pestisida, borak dan lainnya," kata Hafid, sapaan akrab Oktovia Hafid.

Ia menjelaskan, sidak bersama ini berfokus kepada pangan segar, olahan, kemasan, dan siap saji.

Menurut Hafid, secara keseluruhan bahan-bahan makanan olahan ataupun siap saji yang diperiksa ataupun diawasi tim yang ada di pasar moderen dan tradisional di Bandar Lampung masih cukup aman.

"Pada sidak kali ini tim melakukan beberapa pemeriksaan terhadap kandungan pestisida sayuran di Pasar Tugu dan Transmart, dengan semua hasilnya negatif. Begitu juga buah-buahan," kata pria yang juga menjabat kepala bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Lampung.

Dalam hal ini, pemerintah bertujuan mengedukasi pada seluruh masyarakat Lampung, juga pengusaha, agar memilih produk pangan yang bagus, dari segi kemasan dan isinya. Halal dan juga sehat.

"Agar tujuan akhir keinginan pangan yang dikonsumsi itu betul-betul aman terwujud," jelas Hafid. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong