Logo Saibumi

Akses ke WhatsApp Dibatasi Sampai Kapan? Ini Kata Menkominfo

Akses ke WhatsApp Dibatasi Sampai Kapan? Ini Kata Menkominfo

Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Pembatasan akses ke media sosial dan layanan perpesanan seperti WhatsApp, yang dilakukan pemerintah, membuat masyarakat bertanya kapan akses penuh dalam kembali dipulihkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan pemulihan akses ke media sosial dan layanan perpesanan masih menunggu suasana kondusif.

Suasana kondusif berdasarkan masukan dari pihak keamanan dalam hal ini TNI dan Polri.

"Tunggu kondusif, yang bisa menyatakan suasana kondusif atau tidak tentu dari masukan pihak keamanan. Dari sisi intelijen, sisi Polri, sisi TNI, kalau sudah kondusif kita akan fungsikan kembali fitur-fitur, karena saya sendiri merasakan dampak yang saya buat sendiri," ujar Rudiantara, di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.

Sebelumnya, Rudiantara menjelaskan fitur yang dibatasi atau dinonaktifkan adalah fitur untuk mengunggah video dan foto.

"Sistem komunikasi voice (suara) nggak masalah. Yang kita freeze-kan (bekukan) sementara yang tidak diaktifkan itu video, foto dan gambar. Karena secara psikologi video dan gambar itu bisa membangkitkan emosi," jelasnya, dilansir CNN Indonesia.

Menkopolhukam, Wiranto, menjelaskan kemungkinan pembatasan ini akan dilakukan dalam 2-3 hari.

"Jadi berkorban 2-3 hari tidak bisa lihat gambar tidak apa-apa, ini semata untuk keamanan nasional," ujarnya. (*/SB-03)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong