Logo Saibumi

THR Belum Dibayar? Disnaker Bandar Lampung Buka Posko Pengaduan

THR Belum Dibayar? Disnaker Bandar Lampung Buka Posko Pengaduan

Ilustrasi | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung  - Dinas Tenaga Kerja Kota Bandar Lampung mengingatkan kepada perusahaan di Kota Tapis Berseri untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerja/buruh paling lambat H-7 lebaran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandarlampung Wan Abdurrahman mengatakan, bertujuan melayani tenaga kerja yang kesulitan mendapatkan upah tambahan di hari raya. Pihaknya membuka Posko pengaduan THR, dari 23 Mei sampai dengan 13 Juni 2019.

"Untuk mengatasi permasalahan keluhan para buruh atau pekerja, Pemerintah Kota (Pemkot) menyiapkan posko pengaduan di lantai dua gedung pelayanan satu atap Pemkot Bandarlampung," katanya, Selasa 21 Mei 2019.

Posko pengaduan THR bagi pegawai swasta itu akan melayani selama jam kerja di bulan Ramadan. "Jam bukanya mulai dari hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 08.00 wib pagi sampai 15.00 WIB," tuturnya.

Ia mengingatkan kepada perusahaan untuk mentaati peraturan Kemenaker terkait pemberian THR bagi pegawai perusahaan swasta maksimal pembayaran THR yaitu 7 hari sebelum lebaran. Dengan jumlah besaran berdasarkan masa kerja.

"Yang pasti sebuah pengaduan dari pihak buruh kepada suatu perusahaan tentang kewajiban pembayaran dan penerima THR," jelasnya.

Di posko, lanjutnya, telah ditugaskan Kabid Hubungan Industrial sebagai penanggung jawab dan didampingi staf fungsional dan mediator tiga orang. Selain itu disediakan juga contak person pengaduan dan blanko pengaduan.

“Jadi nanti laporan itu kita terima, dari situ kan disampaikan ke pengawas provinsi, sebab yang berhak memberikan suatu sanksi itu adalah pengawas provinsi, sanksinya berupa administratif dan sanksi denda jika kewajiban perusahaan tersebut tidak dilaksanakan,” pungkasnya. (SB13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong