Logo Saibumi

KPK: Pencegahan Korupsi, Lampung Daerah Terbaik Keempat Se-Indonesia

KPK: Pencegahan Korupsi, Lampung Daerah Terbaik Keempat Se-Indonesia

Foto: Humas Pemkot Bandar Lampung

Saibumi.com, Bandar Lampung - Provinsi Lampung dinobatkan sebagai daerah terbaik keempat se-Indonesia dalam hal pencegahan tindak pidana korupsi.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Wilayah (Korwil) 3 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Setyo Budi, dalam Rapat koordinasi KPK dengan OPD Inspektorat, Dinas PU, Dan UKPBJ Kabupaten Kota se-Lampung, di Gedung Semergou, Pemkot Bandar Lampung, Jumat, 17 Mei 2019.

"Dari kegiatan 2018, posisi untuk Provinsi Lampung berhasil mengumpulkan 72 poin dan menduduki peringkat terbaik keempat se-Indonesia dalam hal pencegahan korupsi. Sesuai dengan presentasi program pencegahan dari delapan kriteria," ujarnya.

Menurut Budi, dalam menentukan peringkat terbaik pencegahan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) ada delapan poin penilaian.

Di antaranya Program Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, PTSP, Kapabilitas Aparat Pengawasan Internal Pemerintah, APIP. Kemudian, Manajemen ASN, dana desa, Optimalisasi dan Pendapatan Daerah, dan terakhir soal manajemen aset daerah.

"Dari kriteria penilaian itu baru 72%, memang belum mencapai 100%. Sehingga kita berharap 2019 pasti lebih bagus," terang Budi.

Budi menjelaskan, selain untuk penilaian, delapan indikator itu juga memberi standar kepada pemerintah daerah, dalam membangun suatu kerangka kerja yang digunakan untuk memahami elemen-elemen kemungkinan terjadinya korupsi.

"Belum dapat dikatakan adanya temuan, karena ini kegiatan awal. Kita evaluasi dulu kegiatan yang 2018 ini," ujarnya.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengucapakan terimakasih kepada pimpinan KPK RI yang telah mengirimkan timnya ke Provinsi Lampung, untuk rapat membahas pencanangan aksi pencegahan terintegrasi di Provinsi Lampung.

Ridho berharap, ke depan tidak ada lagi pejabat tinggi di Lampung yang terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK.

"Tentu supaya anggaran lebih tepat sasaran, kemudian supaya  kedepannya tidak ada lagi permasalahaan terkait korupsi seperti OTT di Provinsi Lampung, karena  pemerintahannya nanti sudah semakin baik," ujar Ridho.

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN mengatakan, dengan dilakukannya program ini aparat dapat melaksanakan tugas dengan tertib.

"Saya yakin, kalau ini berjalan dengan baik, kita akan aman tentram di Provinsi Lampung ini. Progres yang sudah dilakukan yaitu bagaimana melengkapi yang kurang-kurang sedikit, supaya Lampung ke depannya lebih bagus, mulai dari administrasi, dan lainnya harus berjalan semua," kata dia.

Dalam hal pemenuhan poin dan penerapan program tersebut, menurut Hemrna HN, Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung sudah berjalan.

"Kita juga sudah jalan, yang lainnya juga. Saya rasa secara bertahap juga jalan, agar semuanya transparan terhadap masyarakat dan membangun lebih baik lagi, aman dan tentram," harapnya. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong