Logo Saibumi

Disebut Gelapkan Dana Nasabah, 229 Koperasi di Lamtim Ditegur

Disebut Gelapkan Dana Nasabah,  229 Koperasi di Lamtim Ditegur

Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung Timur - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja Lampung Timur (Lamtim) mengirim surat teguran kepada 229 koperasi.

Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 19/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang penyelenggaraan dan rapat anggota tahunan dan Peraturan Menteri No. 9 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan dan pembinaan koperasi.

“Dengan ini kami sampaikan, hingga April 2019 tercatat sebagai koperasi yang tidak menjalankan kewajibannya dalam melakukan rapat anggota tahunan (RAT) selama dua tahun berturut-turut. Untuk itu diminta kepada saudara menyampaikan klarifikasi secara langsung kepada kadis,"  kata Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Lamtim, Mira Hayati, Kamis 16 Mei 2019.

Menurutnya, surat teguran disampaikan disebabkan maraknya praktik penggelapan dana nasabah. Menurutnya, kadangkala koperasi tidak menerapkan prinsipnya

 “Sebenarnya koperasi itu dari, oleh dan untuk anggota, yang boleh meminjam dan menabung anggota. Kalau tanpa disetujui pengurus dan pengawas, tidak boleh jadi anggota. Tapi sekarang, mencari nasabah sebanyak banyaknya. Setelah banyak yang menabung, uangnya dibawa kabur oleh manajernya,” jelas Mira.

Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan, Rohiman, meminta laporan sesuai aturan bahwa setiap koperasi pada akhir tahun harus melaksanakan RAT harus dilaporkan ke dinas.

"Koperasi itu bisa dikatakan sehat apabila melaksanakan RAT. Tapi kalau sudah tidak melaksanakan, itu ciri ciri koperasi yang bakal kolaps,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Lamtim, Budi Yul Hartono, menghimbau kepada semua koperasi agar melaksanakan RAT hingga Juni 2019.

Dihimbau juga kepada masyarakat agar berhati-hati dalam memilih koperasi.

"Jangan sampai menunda (RAT). Melalui RAT itu juga, persoalan yang ada di anggota koperasi bisa tersampaikan yang sebenarnya. Hidup tidaknya koperasi itu melalui RAT,” terang dia. (SB-08)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong