Logo Saibumi

Hingga Pertengahan Mei 2019, Kekerasan Terhadap Anak di Lamteng 31 Kasus

Hingga Pertengahan Mei 2019, Kekerasan Terhadap Anak di Lamteng 31 Kasus

Ist

Saibumi.com, Lampung Tengah - Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung Tengah (Lamteng) turut melakukan pendampingan terhadap NP, siswa korban kekerasan seksual di Kecamatan Bangun Rejo.

Hingga pertengahan Mei 2019 ini, LPA Lamteng mendapati 31 kasus kekerasan seksual terhadap anak.

Mirisnya, termasuk siswi NP, LPA juga mendapati total empat anak harus hamil dan harus membesarkan calon anak mereka tanpa seorang ayah.

Ketua LPA Eko Yuono menjelaskan, pihaknya melakukan pendampingan terhadap NP lebih kurang tiga bulan terakhir.

Korban bahkan sempat drop karena mendapati kenyataan kekasihnya berinsial IV enggan untuk bertanggung jawab dan justru menyarankan supaya kandungan NP digugurkan saja.

"Kami melakukan pendampingan saat korban (NP) drop, karena pelakunya (IV) tak mau bertanggung jawab. Kita berikan penanganan psikologis supaya tidak berdampak pada kandungannya. Kita juga berikan pendampingan untuk korban melakukan cek kandungan ke rumah sakit," ujar Eko Yuono, Rabu, 15 Mei 2019

Kondisi NP saat ini sudah berangsur membaik dan berat kandungannya sudah bertambah.

Terkait proses hukum yang ditempuh pihak keluarga korban, dia berharap Polres Lampung Tengah segera menangkap pelaku.

"LPA mendorong supaya Polres Lamteng melakukan pemeriksaan, karena laporan sudah masuk dari keluarga korban. Kami berharap pelaku segera ditahan," tegas Eko.

Tingginya angka kasus kekerasan seksual yang melibatkan anak di Lamteng, lanjut dia, karena belum tersosialisasinya Undang-Undang Perlindungan Anak secara masif hingga ke tingkat kampung.

"Karena itu kita harapkan semua komponen pemerintahan dan masyarakat Lamteng untuk bergandengan tangan memutus mata rantai kejahatan seksual terhadap anak. Faktanya memang para pelaku kejahatan seksual anak itu 95 persennya adalah orang terdekat mereka sendiri," ujar Eko.

Pemkab Lamteng dan OPD terkaig hingga tingkat kepala kampung harus berani perang terhadap kejahatan seksual terhadap anak.

Kepada kepolisian dan kejaksaan pun ia berharap tidak segan untuk memberikan hukuman maksimal, apabila para predator anak itu terbukti bersalah di mata hukum. (SB-11)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong