Logo Saibumi

Pemprov Lampung Imbau Waspada Beli Sayur dan Buah di Supermarket

Pemprov Lampung Imbau Waspada Beli Sayur dan Buah di Supermarket

Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Oktovia Hafid. Foto : Siska Purnama / Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat menghimbau masyarakat berhati-hati memilih sayur dan buah-buahan, meski membelinya di Supermarket.

Imbauan tersebut disampaikan karena dalam sidak yang dilakukan tim pengawasan pangan di beberapa pusat perbelanjaan modern, masih ditemukan sayur dan buah tidak layak konsumsi.

Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Oktovia Hafid, mengungkapkan, pihaknya masih menemukan jenis sayur mayur mentah dan buah yang sudah tidak segar, tapi masih dijual.

"Untuk beberapa tempat yang sudah sering dilakukan pemeriksaann secara umum sudah baik. Tetapi seperti halnya yang didapat BBPOM, untuk pangan olahan, pangen segar dan tumbuhan masih ada juga yang busuk berjamur, tapi masih di-display," kata dia, di Chandra Tanjung Karang, Rabu, 15 Mei 2019.

Dinas Ketahanan Pangan Lampung masih melakukan pembinaan berupa teguran. Untuk produk tak layak konsumsi tersebut ditarik dari display dan dimusnahkan.

"Untuk saat ini kita masih minta untuk diturunkan dan dimusnakan. Kita sudah buat berita acaranya. Apabila nanti masih dijual, baru kita lakukan proses lebih lanjut," jelas Oktovia.

Dijelaskan, sesuai peraturan Kementerian Pertanian terbaru No.53 Tahun 2018, setiap pangan segar harus ada nomor registrasi.

"Ini masih masa sosialisasi dan sudah kita lakukan pembinaan kepada pengusaha untuk mencantumkan nomor registrasi ke pasar pangan segar yang dikemas dan diedarkan," kata Oktovia.

Diterangkannya, berdasarkan aturan pemerintah, Dinas Ketahanan Pangan melakukan pengawasan pangan segar dan tumbuhan, dalam hal ini adahal buah-buahan dan sayuran.

Tidak hanya melakukan pembinaan kepada penjual, tetapi juga mengedukasi dan menghimbau kepada masyarakat untuk lebih cermat memilih sayuran, tidak hanya terpikat dengan harga murah.

"Kepada masyarakat konsumen, kami berpesan ketika membeli buah dan sayur perhatikan jika memang segar. Jangan karena murah tapi busuk dan berjamur. Tapi beli yang terlihat masih segar, tidak layu dan tidak busuk," imbau Oktovia. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong