Logo Saibumi

Herman HN Bolehkan Suara Tadarus Terdengar Keluar selama Ramadhan

Herman HN Bolehkan Suara Tadarus Terdengar Keluar selama Ramadhan

Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN | Foto: Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, tidak membatasi penggunaan pengeras suara saat ibadah tadarus di Masjid selama Ramadhan 1440 Hijriah/2019.

"Tidak ada yang boleh melarang-larang. Tadarus sampai subuh, sampai kapan pun tidak apa-apa. Corongnya (suara speaker) dibuka besar-besar, biar semua dengar," kata dia, usai meninjau pasar murah di Gedung Juang, Kelurahan Gunung Sari, Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung, Rabu, 14 Mei 2019.

Herman HN merupakan wali kota pertama yang menentang adanya peraturan dari kementerian, terkait dengan larangan menggunakan pengeras suara saat Tadarus.

"Kalau ada edaran dari menteri, saya melarangnya. Siapa saja yang melarang Tadarus pakai pengeras suara, berhadapan dengan wali kota (Herman HN)," tegas wali kota Bandar Lampung dua periode itu.

Bahkan, Herman HN menyarankan kepada masyarakat Bandar Lampung yang merasa terganggu dengan suara adzan, tadarus dan tausiah, untuk meninggalkan Bandar Lampung.

"Kalau dia terganggu karena dengar orang mengaji, dia saja yang pindah, tidak usah tinggal di Bandar Lampung dahulu. Nanti kalau sudah selesai Ramadhan baru balik lagi. Jadi jangan ada yang takut (tadarus menggunakan speaker)," tukas wali kota.

Menurutnya, selama bulan suci Ramadhan kegiatan mengaji di Masjid harus lebih ditingkatkan dari hari biasanya.

"Ini (ajaran) agama Islam, tidak boleh diam-diam atau sembunyi-sembunyi. Tadarus harus didengar orang ramai, setahun sekali lho," ujar Herman HN. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong