Logo Saibumi

Disnaker Kota Bandar Lampung: SE THR Terbit Pertengahan Ramadhan

Disnaker Kota Bandar Lampung: SE THR Terbit Pertengahan Ramadhan

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pemerintah telah menetapkan pencairan tunjangan hari raya (THR) untuk PNS pada 24 Mei 2019.

Sedangkan bagi pekerja swasta atau buruh, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memutuskan pencairan THR di perusahaan swasta, harus dilakukan satu pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri, kepada wartawan ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.

Namun, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandar Lampung belum masih menunggu surat edaran (SE) soal THR dari kemenaker.

"Kita belum bisa mengirim surat edaran ke perusahan untuk memberikan THR kepada pegawainya. Surat edaran dari kementerian belum ada. Ketika surat tersebut sudah keluar dari kementerian, tentu kita edarkan ke pelaku usaha," ujar Kepala Disnaker Kota Bandar Lampung, Wan Abdurrahman, Selasa, 14 Mei 2019.

Dia memperkirakan surat edaran (SE) soal THR dari kemenaker tersebut akan terbit pada pertengahan Ramadhan.

"Kalau mengacu pada tahun lalu, surat edaran itu turun pada pertengahan Ramadhan," kata Wan Abdurrahman.

Disnaker juga belum memastikan waktu pembentukan pos pengaduan THR, seperti tahun sebelumnya.

"Tergantung dari surat edaran itu. Kalau isinya diperintahkan bentuk pos, kita buat. Tapi jika tidak, maka masing-masing perusahaan. Kita menunggu surat edaran," jelas Wan Abdurrahman.

Sebelumnya diberitakan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016.

Adapun besaran THR bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, memperoleh THR satu bulan upah.

Sedangkan bagi pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus-menerus, tetapi kurang dari 12 bulan, THR diberikan secara proporsional, sesuai dengan perhitungan yang sudah ditetapkan, yaitu masa kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah.

Bagi pekerja harian lepas yang mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, besaran THR berdasarkan upah satu bulan, yang dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir, sebelum hari raya keagamaan.

Untuk pekerja lepas yang mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, upah satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja. (SB-13)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong