Logo Saibumi

Tim Penilai Binter dari Pusat Teritorial Angkatan Darat Kunjungi Kodim 0410/KBL

Tim Penilai Binter dari Pusat Teritorial Angkatan Darat Kunjungi Kodim 0410/KBL

Pamen Ahli Pusterad Kolonel Inf Awal Nur | Siska/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) mengunjungi Kodim 0410/KBL Bandar Lampung, Senin 13 Mei 2019. Kedatangan tim penilai yang juga Pamen Ahli Pusterad Kolonel Inf Awal Nur didampingi dua juri yakni, Letkol Hendrik dan Mayor Inf Mulyadi.

Sebagai ketua tim penilai, Kolonel Inf Awal Nur menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan itu untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan binter yang dilakukan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya di Kodim 0410/KBL.

“Tujuan kita melihat sejauh mana para komandan kodam ini bisa mengimplementasikan, dimana kegiatan dan program itu untuk kepentingan masyarakat dalam hal ini bekerjasama dengan pemerintah kota Bandar Lampung," ujarnya.

"Sinergitas antar Forkopimda, tidak bisa dandim berkerja sendiri dengan prajuritnya saja. Fungsi dari TNI dalam mewujudkan alat juang yang tangguh dalam kemanunggalan," kata dia.

Pria asli Sumatera Barat yang merupakan lulusan Akabri 1987 ini menerangkan untuk kriteria penilaian sasaran juri melihat sampai sejauh mana kegiatan sudah dilakukan dan program yang sudah dilaksanakan untuk satuan kodim. Kemudian, sarana komperitisi peran Dandim dalam kegiatan di wilayah itu bisa mencapai target sesuai dengan programnya.

"Adapun penilaiannya yakni program itu berpengaruh kepada masyarakat yang diimplementasikan dalam wujud kerjasama. Dan nantinya yang terbaik akan ada rewardnya dari Mabes TNI AD," paparnya.

Ia menyebutkan, ada delapan kodim setingkat provinsi yang akan dinilai dari lomba binter ini dengan harapan kodim ini menjadi percontohan kodim yang lainnya .

“Kalau Kodim 0410 ini peserta lomba ketiga yang kita nilai setelah Aceh dan Semarang dan secara estafet kita akan nilai juga kodim tipe (A). Seperti Serang, Surabaya, Kendari, Jakarta dan Depok,” sebutnya.

Lomba ini, lanjutnya, dilakukan setiap dua tahun sekali. Kualifikasinya yakni kodim tipe  A, B, C, D dan tipe D. Kalau tipe A ini memang kodim diwilayah penyangga ibu kota negara dan ibukota provinsi, tipe B ini kodim yang berada di kabupaten kota. Kodim C ini merupakan kodim perbatasan negara kepulauan terluar serta kodim tipe D ini merupakan kodim daerah yang rawan.(SB13)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong