Logo Saibumi

Harga Bawang Putih Mahal, Pemerintah Pusat Gelar Operasi Pasar di Lampung

Harga Bawang Putih Mahal, Pemerintah Pusat Gelar Operasi Pasar di Lampung

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Lampung, A. Chrisna Putra I Foto: Eva/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Tingginya harga bawang putih di Lampung membuat pemerintah pusat menggelar operasi pasar (OP) bawang putih impor di tiga titik.

Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menekan harga bawang putih di Lampung yang harganya kian mahal.

Dirjen Hortikultura, Suwandi didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Lampung, A. Chrisna Putra, mengatakan operasi pasar di Lampung dilakukan di tiga titik wilayah kota Bandar Lampung, yakni di Toko Tani Indonesia (TTI), Pasar Panjang, dan Pasar Tugu Bandar Lampung.

Untuk OP bawang putih yang disebar di tiga titik, sebanyak satu kontainer atau setara dengan 29 ton, dan dijual seharga Rp 25 ribu per kilogram (Kg).

"Tapi operasi pasar ini belum selesai, karena tiga hari yang lalu tiga kontainer sudah masuk Lampung itu setara 90 ton. Kemarin tujuh truk atau setara 50 ton," ujar Suwandi, Jumat, 10 Mei 2019.

Dijelaskan, untuk kebutuhan bawang di Lampung per hari sebanyak 28 ton.

"Jadi, Insya Allah harga bawang stabil, kita jual dengan harga Rp 25 ribu per kilogram, yang sebelumnya mencapai Rp 40 ribu  hingga Rp 50 ribu per kilogram," jelasnya.

Suwandi berharap harga bawang putih di tingkat pedagang eceran hingga ke  tangan konsumen tetap stabil, maksimal Rp 30 ribu per kilogram.

Itu karena setiap harinya pasokan bawang ke Lampung rutin dilakukan sebanyak enam hingga tujuh truk per hari.

Sedangkan untuk kebutuhan pangan yang lain di Lampung seperti minyak goreng, daging, dan telur sudah cukup aman, karena Lampung sentranya pangan pemasok untuk daerah Jakarta.

"Sedangkan bawang putih selama ini masih impor, karena bawang putih yang di Kabupaten Tanggamus diproduksi untuk menjadi benih, bukan dikonsumsi, jadi kebutuhan bawang diimpor dari China," terang Suwandi.

Operasi pasar dilakukan di 12 titik di toko tani Indonesia cabang (TTIC) Bandar Lampung. Operasi pasar akan berhenti atau tidak dilakukan kembali apabila distribusi bawang dari Pulau Jawa sudah masuk ke Lampung. (SB-05)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong