Logo Saibumi

Rekapitulasi KPU Pringsewu Tingkat Provinsi, Suara Caleg PKB Bergeser?

Rekapitulasi KPU Pringsewu Tingkat Provinsi, Suara Caleg PKB Bergeser?

Foto: Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung – Calon anggota legislatif (Caleg) nomor urut 1 dari PKB untuk DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Lampung 1, Hidir Ibrahim, memprotes hasil penghitungan suara.

Hal itu diungkapkan saksi PKB, Ariadi Ahmad, saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 tingkat provinsi yang digelar KPU Lampung, di Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung, Kamis, 9 Mei 2019.

Ariadi melakukan interupsi setelah Komisoner KPU Pringsewu, Warsito, selesai membacakan hasil penghitungan suara untuk dapil Lampung 1.

Pihaknya keberatan dengan hasil pleno di KPU Pringsewu, karena menurutnya ada pergeseran suara di internal partainya, antara caleg nomor urut 1, Hidir Ibrahim dengan caleg nomor urut 2 M. Kadafi.

Menurut Ariadi, Hidir Ibrahim yang banyak dirugikan, berkaitan dengan kursi suara sah.

"Kita dapat satu kursi di Lampung I. Hitungan di internal, Hidir Ibrahim masuk dengan selisih sekitar 400 suara. Tetapi setelah selesai pleno kabupaten dan kita gabungkan, (Hidir) kalah 667 dengan caleg nomor 2,” jelasnya.

Ariadi menegaskan mereka akan berjuang untuk mengembalikan suara sah partai, termasuk suara Hidir Ibrahim yang diiklaim bergeser ke M. Kadafi.

“Sementara ini yang kita deteksi permasalahan internal sekitar 257, pindahnya yang banyak ke nomor 2,” ujarnya.

Ditambahkan Ariadi, bukan hanya ada ada pergeseran suara antar caleg nomor 1 dan 2 saja. Tetapi juga ada pergeseran suara caleg nomor urut lain serta pergeseran suara partai.

“Ada juga yang mengurangi suara partai, misalnya perolehan suara partai diambil dua suara, ditambahkan ke nomor 2. Atau sebaliknya, ada caleg lain nomor 4. pindah ke nomor 1. Ada ajuga kasus lain seperti salah entri. Misalnya partai dapat nol, nomor 1 dapat delapan, nomor 2 dapat dua, lalu dinaikkan semua, sehingga partai dapat delapan, nomor 1 hanya dapat dua,” urainya.

Terkait penjelasan KPU Pringsewu jika pergeseran suara ini sudah dilakukan perbaikan, menurut Ariadi mereka tidak mengetahui dan tidak menandatangani perbaikan tersebut.

“Ketika ada perbaikan, ada paraf. Ketika tidak ada bukti perbaikan, saksi juga tidak menandatangani, meskinya ada paraf untuk legalitas. Bisa saja hanya klaim sudah diperbaiki,” tukasnya.

Kadafi Keberatan

Terpisahm caleg PKB Lampung untuk DPR RI dapil Lampung 1 nomor urut 2, M Kadafi membantah tuduhan saksi PKB yang menyebut dirinya diuntungkan atas pegeseran suara di internal partai.

Menurut pria yang juga Rektor Universitas Malahayati itu, justru dia dirugikan di internal partai. Seperti yang terjadi di Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung, saat pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan.

“Segala proses sudah dilakukan dalam penghitungan suara, mulai dari kecamatan dan kabupaten. Seperti kemarin, terbalik input data di Tanjung Senang, yang harusnya kita menang, tapi saat di-input kita kalah. Makanya kita langsung mengajukan untuk dikaji ulang. Sama halnya ada beberapa data yang kita ajukan untuk perbaikan, karena suara kita yang hilang,” jelas Kadafi.

Di sisi lain, dia juga meminta Bawaslu Lampung mengkaji keberatan yang diajukan timnya beberapa waktu lalu.

“Semoga beberapa data yang kita ajukan ke Bawaslu bisa menjadi kajian dan ada kelanjutannya," harap Kadafi.

Menurut dia, masih banyak lagi yang sudah diajukannya ke Bawaslu Lampung.

"Mudah-mudahan bisa di pelajari. Insya Allah, karena saya ke politik sebagai ladang amal, kita juga akan sanggah berapa perbedaan seperti kemarin di Tanjung Senang. Kita hanya mengajukan sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Kadafi. (lan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong