Logo Saibumi

KPU Lamtim Rapat Pleno Ulang, Dua Saksi Keberatan

KPU Lamtim Rapat Pleno Ulang, Dua Saksi Keberatan

Para saksi partai yang menghadiri rapat pleno di KPU Lamtim | Foto: Istimewa

Saibumi.com, Lampung Timur - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Timur (Lamtim) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi ulang hasil perolehan suara pemilihan umum (pemilu), Kamis, 9 Mei 2019.

KPU Lamtim melaksanakan rapat pleno ulang berdasarkan surat perintah KPU Provinsi Lampung.

Rapat pleno ulang dilakukan karena terdapat kesalahan dan selisih suara pada pemilu tingkat DPRD Lamtim untuk dua kecamatan, Batanghari Nuban dan Raman Utara.

"Pada Selasa malam Rabu itu KPU provinsi mengirim (surat) ke saya lewat (format) pdf, terkait surat perintah untuk melaksanakan pleno ulang. Pada prinsipnya KPU adalah lembaga hirarki. Artinya, apa yang diperintahkan untuk dilaksanakan tentu kami jalankan," kata Ketua KPU Lamtim, Andri Oktavia kepada wartawan.

Namun, saksi dari Partai Gerindra dan PKB keberatan dengan adanya rapat pleno ulang tersebut.

Menurut saksi Partai Gerindra, Rini Mulyati, apabila mengacu UU No. 7 Tahun 2019 tentang Pemilu dan PKPU No. 4 Tahun 2019, pihaknya meminta penjelasan dimana mekanisme untuk melakukan pleno ulang.

"Itu karena rekapitulasi hasil perolehan suara sudah kita laksanakan dan sudah disahkan semua saksi partai berikut lima komisioner KPU dan ditandatangani," ujarnya.

Di temui terpisah, saksi Partai PKB, Andono mengaku sangat keberatan untuk dilakukan pleno ulang. Menurutnya. yang menjadi dasar rekapitulasi ulang itu tertera pada pasal 82 PKPU No. 4 Tahun 2019.

"Ya, kami keberatan, sebab sudah rampung, kenapa diulang lagi," tukasnya. (SB-08)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong